KOTA BATU – Suasana tenang di kompleks gedung Dewan Kesenian Kota Batu tiba-tiba pecah Minggu (10/2) malam lalu sekitar pukul 22.00. Penyebabnya ialah terbakarnya dua kios di bagian depan bangunan di sana. ”Awalnya ada aroma asap dan di dalam sudah terbakar dahsyat,” terang Ketua Dewan Kesenian Kota Batu Fuad Dwiyono. Diduga kebakaran itu disebabkan karena adanya korsleting listrik. Dugaan itu mencuat karena tidak ada aktivitas sama sekali di sana pada Minggu malam.

”Yang jelas, alat-alat bengkel kami, kompresor, gerinda, dan alat kesenian lainnya (ikut terbakar),” tambah Fuad. Total kerugian akibat terbakarnya dua kios ditaksir mencapai Rp 80 juta.

Beruntung api tidak sampai menjalar ke bagian kios lain. Tim pemadam kebakaran dan tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kota Batu bergegas menuju lokasi. Api pun bisa dipadamkan sekitar sejam kemudian.

”Hampir semua kerangka atap kayu ini sudah terbakar dari ujung ke ujung (lima kios),” lanjut Fuad. Satu unit mobil pemadam diterjunkan petugas. Sejumlah warga di sekitar lokasi juga turut membantu. Kemarin (11/2) siang, tampak garis polisi terpasang di lokasi. Petugas masih mendalami penyebab pasti kebakaran di sana.  

Pewarta               : Mochamad Sadheli
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Bayu Mulya
Fotografer          : Mochamad Sadheli