JawaPos.com – Edy Rahmayadi kembali menjadi objek pembicaraan di media sosial. Terbaru, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) itu mejadi perhatian karena mengubah pose jari seorang perempuan saat berfoto dengannya.

Hal itu terlihat di dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Video itu diambil ketika sejumlah pengunjung yang hadir dalam Pameran Pers di Kantor Gubernur Sumut ingin berfoto dengan mantan Ketum PSSI itu.

Seorang juru foto terdengar memberikan aba-aba. Edy pun sudah bersiap-siap. Lalu seorang perempuan berbaju merah tiba-tiba membuat pose dua jari. Sambil tersenyum Edy memegang tangan perempuan itu seakan melarang sang perempuan menunjukkan pose jarinya.

Lantas perempuan itu menurut dan kemudian mengangkat jempolnya. Tapi lagi-lagi Edy memegang jempolnya sembari mencontohkan pose berfoto yang layak.

“Gini,” ujar Edy menunjukkan kepalan tangannya.

Dari hasil penelusuran, video itu pertama kali diunggah oleh akun resmi instagram @humassumut pada Minggu (10/2) sekira pukul 08.00 WIB. Hingga pukul 17.00 WIB video yang diberi musik latar khas Warkop DKI itu sudah ditonton tiga ribu lebih netizen.

Video tersebut juga dilengkapi keterangan yang mencuri perhatian publik. “Tutorial pose berfoto yang aman menurut Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Beginilah contoh pemimpin yang netral,” begitu tulisan yang tertera dalam video.

Video itu pun mengundang beragam komentar. Ada yang merasa video itu cukup kocak. Ada juga yang mengkaitpautkan dengan politik jelang pemilihan presiden (pilpres) mendatang.

“Ini baru gubernur. Tak menjilat penguasa,” tulis akun @jam_gza dalam kolom komentar.

Akun @april_lur juga memberikan komentar. Namun isinya dikaitkan dengan sikap Edy pada pilpres. “Bukan netral min, pak gubernur bingung mau dukung siapa?? Soalnya partai pendukung beliau itu ada di 2 kubu masing 2, intinya main aman y netral aja, padahal kalau penerawangan saya beliau itu condong ke Kubu Paslon #01, itu penerawangan saya ya….boleh percaya boleh tidak …,” tulis @april_lur.

Tenaga Ahli Humas Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumut, Parada Siregar yang dikonfirmasi, Minggu (10/2) mengatakan, video itu diambil pada Jumat (8/2). Edy hadir pada pameran pers yang digelar di lantai dasar kantornya.

Saat itu, para pengunjung yang terdiri dari pelajar bertemu dan langsung mengajak Edy berswafoto.

“Nah, ketika hendak berfoto bapak gubernur pun melihat salah satu pengunjung berpose dengan mengacungkan jari dua. Kemudian menunjukan satu jari, pak Gubsu pun dengan sigap mengganti pose tersebut dengan kepalan tangan. Sebagai simbol perjuangan dan netralitas beliau ditengah politik yang memanas,” jelas Parada Siregar yang juga merekam video tersebut.

Tak hanya banyak di tonton di akun instagram @humas_sumut. Video itu kini sudah diposting kembali oleh sejumlah akun media sosial.

Editor           : Budi Warsito

Reporter      : prayugo utomo