alexametrics
Friday, August 14, 2020

Incar Transaksi Online, “Paksa” Penyedia Jasa Aplikasi Bekerja Sama

- Advertisement -
- Advertisement -

MALANG KOTA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang “memaksa” penyedia jasa aplikasi online untuk mensinkronisasi data perpajakan dari platform online maupun mitra. Langkah itu dilakukan karena keengganan sejumlah penyedia jasa online, seperti GoFood, bekerja sama dengan bapenda. Sementara, selama pandemi Covid-19, transaksi online menunjukkan peningkatan signifikan sehingga potensial untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD).
Kepala Bapenda Kota Malang Ir Ade Herawanto MT mengatakan, pihaknya saat ini memang membidik transaksi online, seperti terjadi di sektor kuliner, perhotelan, dan periklanan untuk menggenjot perolehan pajak di Kota Malang. Di masa pandemi, umumnya masyarakat begitu memanfaatkan kemudahan transaksi via aplikasi online yang pilihannya juga semakin banyak.
”Pengelola usaha kuliner seperti resto, kafe, serta manajemen hotel dan pengusaha reklame harus menyadari bahwa mereka kan juga tetap menghimpun pajak dari customer,” jelas Kepala Bapenda Kota Malang Ir Ade Herawanto MT, kemarin (1/7)
Ade mengungkapkan, undangan untuk audiensi sinkronisasi data transaksi online pun sudah dilayangkan ke GoFood, bahkan sampai tiga kali, ke kantor mereka di kawasan Martadinata tersebut. Namun, pengelola industri start up digital itu tidak juga hadir.
“Mereka berkelit keberatan memenuhi permintaan kami. Dalam surat jawabannya, Gojek (pemilik platform layanan GoFood) berkilah tidak memiliki otoritas dan hak untuk memberikan data yang diharapkan bapenda untuk sinkronisasi,” kata Sam Ade d’Kross, sapaan akrabnya.
Menurut dia, upaya yang dilakukan bapenda ini sesuai instruksi wali kota Malang dan arahan Komisi B DPRD Kota Malang tentang transaksi online. “Ini menjadi tantangan baru, karena selain menguji self assessment wajib pajak juga diperlukan klarifikasi data dengan penyedia jasa aplikasi bersangkutan. Agar semuanya sinkron,” tegas dia.
Pewarta: Sandra Desi Caesaria
Foto: Dok Radar Malang
Editor: Hendarmono Al Sidarto

- Advertisement -

Latest news

Kaget Pengumuman Dimajukan, Peserta SBMPTN Deg-degan

“Deg-degan sampai sekarang. Tahu informasi perubahan dari internet,” kata gadis asal Kelurahan Sawojajar, Kota Malang ini kepada Radar Malang, Kamis (13/8).
- Advertisement -

Layanan Medis Komprehensif RSPH Raih Predikat Terbaik di RMA 2020

Rumah Sakit Prima Husada (RSPH) berhasil menyabet penghargaan sebagai “Type C Hospital with The Most Comprehensive Healthcare Facilities” di Radar Malang Award 2020. Penghargaan diberikan Kamis (13/8) oleh Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, kepada Komisaris Utama PT Disa Prima Medika (RSHP), dr Sadi Hariono MMRS didampingi Direktur Utama PT Disa Prima Medika Endang Susilowati.

Bawa 32 Tabung Elpiji dan Bensin, Espass Meledak Bakar Pengemudi

Mobil bernopol N 541 DR tersebut tengah mengangkut 32 tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram dan 2 buah jeriken berisi bensin.

OJK Malang: Per 30 Juli, Kredit 282.510 Nasabah Direstrukturisasi

Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri merinci, dari total nilai restrukturisasi kredit tersebut, industri perbankan di wilayah kerja OJK Malang menyasar 85.402 debitor dengan total baki debet sebesar Rp 8,58 triliun.

Related news

OJK Malang: Per 30 Juli, Kredit 282.510 Nasabah Direstrukturisasi

Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri merinci, dari total nilai restrukturisasi kredit tersebut, industri perbankan di wilayah kerja OJK Malang menyasar 85.402 debitor dengan total baki debet sebesar Rp 8,58 triliun.

Pacu DPK, BNI Syariah Geber Program Merdeka Berhasanah

Bersamaan dengan euforia perayaan kemerdekaan RI ke-75, BNI Syariah memberikan apresiasi kepada para nasabah melalui program terbaru bernama Merdeka ber-Hasanah. Program menabung berhadiah ini berlaku sejak 10 Agustus lalu hingga 21 Agustus mendatang.

Bank Bukopin Hadirkan Program Deposito Merdeka Seru

JAKARTA – Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun, Bank Bukopin menghadirkan program khusus. Yakni produk Deposito Merdeka Seru dengan special rate hingga 7,5%.

Siap-Siap, NJOP Kawasan Bisnis, Industri, dan Perkantoran Dinaikkan

Kawasan yang akan disasar kenaikan NJOP terutama di lokasi tertentu (non permukiman), seperti kawasan bisnis, industri, niaga, komersial, perdagangan, dan perkantoran.
- Advertisement -