alexametrics
22.6 C
Malang
Wednesday, 23 September 2020

BI Mengajar, Dorong Transaksi Nontunai Lewat QRIS

- Advertisement -
- Advertisement -

MALANG KOTA – Pandemi Covid-19 telah mengubah iklim ekonomi global. Salah satunya adalah menggeser sistem pembayaran di tengah masyarakat. Dari yang sebelumnya menggunakan transaksi tunai, menjadi transaksi nontunai.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwi BI) Malang Azka Subhan, dalam webinar yang diselenggarakan oleh Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Kamis (13/8).

Dalam kesempatan itu, Azka menjadi narasumber dalam BI Mengajar dengan tajuk peran Bank Indonesia sebagai bank sentral dalam digitalisasi ekonomi dan keuangan untuk Indonesia maju.

Azka menyebutkan, transaksi non tunai menjadi salah satu kebiasaan baru di tengah masyarakat.

“Saat ini transaksi digital sangat digemari masyarakat, terutama kaum milenial. Apalagi dengan adanya pandemi seperti ini, transaksi non tunai adalah alternatif yang banyak dipilih oleh masyarakat,” ujar dia.

Seperti yang diketahui, salah satu upaya BI dalam mendorong transaksi non tunai selama ini adalah dengan menghadirkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Pembayaran melalui scan barcode yang terpusat di BI tersebut juga menjadi terobosan baru di era digital transaksi saat ini.

Sebagai lembaga negara independen yang bertugas melaksanakan kebijakan macro prudential, pihaknya berharap dengan adanya QRIS ini kestabilan sistem keuangan bisa kembali normal.

Apalagi, menurut pria yang telah menggeluti bidang perbankan sejak 1991 itu, saat ini Indonesia tengah mengalami inflasi yang cukup drastis.

“Kondisi keuangan turun cukup cepat, bahkan saat ini nilai tukar rupiah kita mencapai Rp 14 ribu, tentunya kita perlu melakukan langkah penstabilan kembali,” ujarnya.

Harapannya QRIS bisa menjadi aplikasi yang memberikan andil untuk menstabilkan hal tersebut.

Apalagi, Azka menjelaskan bahwa cara kerja QRIS sendiri cukup mudah, yakni kurang lebih sama dengan sistem transaksi yang telah ada seperti Go-Pay, OVO, dan Brizzi.

Yang membedakan adalah QRIS dapat digunakan untuk lintas merchant. Dapat dikatakan pula QRIS merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada slaah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI. Tentunya hal ini juga akan memudahkan konsumen dalam bertransaksi.

Pewarta: Arlita Ulya Kusuma,  Chosa Setya Ayu Widodo

- Advertisement -

Latest news

Pakar: ‘Pecahnya’ Suara NU Untungkan Incumbent

“Tapi kalau pengamatan saya, “pecahnya” suara NU akan untungkan incumbent. Dia bisa dapat dukungan kalangan NU dan nasional karena diusung partai nasional," kata pria yang juga menjadi Ketua Program Studi Magister Ilmu Sosial FISIP UB ini, Rabu (23/9).
- Advertisement -

PKKMB Uniga, Ajak Maba Tetap Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

MALANG – Universitas Gajayana Malang menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2020 -2021. Dalam kegiatan yang digelar secara daring dan luring selama tiga hari tersebut, Uniga mengangkat tema Tetap Semangat di Era Pandemi Covid-19, Bersama Uniga Menjadi yang Terdepan dan Berkarakter.

PLN UP3 Malang Salurkan 50 Tong Sampah di Pantai Selatan

MALANG - Sebanyak 50 tong sampah dibagikan di daerah wilayah pantai selatan yakni, Pantai Balekambang dan Sendang Biru, kabupaten Malang dalam rangka “Word Clean Up Day 2020”, Selasa (22/9). Sebagai wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan sekitar, karena saat ini sampah menjadi masalah serius terutama di daerah wisata terbuka seperti pantai.

Besok Pengundian Nomor Urut, KPU Batasi Tiap Paslon Bawa 12 Pendukung

Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini menambahkan, semua yang hadir dalam kegiatan pengundian nomor urut paslon juga harus mengenakan protap kesehatan. Hal ini juga sudah diatur dalam aturan Pilkada serentak.

Related news

Astra Financial Salurkan Ventilator Untuk Masyarakat Jawa Barat

BANDUNG - Astra Financial, sebagai salah satu dari tujuh divisi bisnis yang ada dalam Grup Astra di bawah PT Astra International Tbk, kembali hadir untuk berbagi, seiring dengan meningkatnya data masyarakat terdampak Covid-19 dan sesuai dengan motto Nurani Astra “Berbagi Untuk Negeri."

Di Digitex Property 2020, Villa Dieng Tebar Voucher Hardware

MALANG KOTA – Anda ingin memiliki hunian minimalis tapi mewah? Tak perlu bingung. Villa Dieng Residence solusinya. Perumahan di bawah Tidar Property Group ini telah mendesain konsep rumah yang minimalis.

Pertama! Jawa Pos Radar Malang Gelar Pameran Properti Virtual

MALANG KOTA - Jawa Pos Radar Malang mengambil langkah strategis untuk ikut berpartisipasi mendorong pertumbuhan ekonomi. Salahs atu upaya yang dilakukan adalah menggelar event pameran property digital pertama di Malang, bertajuk Digitex Property 2020 pada 28 September-11 Oktober.

Gandeng Amphuri, BNI Syariah Perkuat Layanan Virtual Haji dan Umroh

MALANG KOTA - BNI Syariah melakukan MoU (memorandum of understanding) dengan koperasi Amphuri Bangkit dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) V Amphuri International Business Forum (AIBF), di Hotel Singhasari Resort, Kota Batu, 18-20 September lalu. Kerjasama dengan Asosiasi Muslim Penyelenggara Umrah dan Haji Republik Indonesia (Amphuri) ini terkait pemanfaatan produk dan layanan BNI Syariah.
- Advertisement -