alexametrics
24C
Malang
Monday, 25 January 2021

Eman Tenan, Rp 23 Miliar Dana Hibah Pariwisata Melayang

MALANG KOTA – Gerojokan dana hibah dari Pemerintah Pusat untuk pelaku pariwisata di Kota Malang gagal terserap optimal. Dari jatah Rp 40 miliar, yang mampu terserap kurang dari separonya atau sekitar Rp 17 miliar. Yang membuat eman tenan, mepetnya waktu antara kepastian anggaran serta tahapan pelaksanaan pencairan disebut menjadi kendala utama hingga dana Rp 23 miliar melayang.

Hal ini diungkapkan Kepala Disporapar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni. “Yang terserap hanya sekitar Rp 16 sampai Rp 17 miliar saja. Sisanya kita kembalikan lagi ke pusat,” jelasnya. Ida Ayu merinci, realisasi penyerapan yang hanya sekitar Rp 17 miliar itu itu disebabkan oleh waktu persiapannya yang sangat minim. Sehingga pemenuhan syarat untuk pencairan anggaran tersebut sulit dilakukan.

Sementara itu, dana yang didapat akan disalurkan langsung kepada penerima melalui rekening Bank Jatim. Setidaknya ada sekitar 110 pelaku usaha pariwisata di Kota Malang yang sudah menandatangani NPHD yang berhak menerima dana hibah.

Pewarta: Intan Refa Septiana

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca