Tak Hanya Berakting, 10 Aktor Ini Juga Pernah Sutradarai Dirinya Sendiri

ZETIZEN MALANG – Dunia di depan dan belakang layar lebar bukanlah dunia hitam-putih yang tak bisa digabungkan. Selagi seorang aktor beraksi di depan kamera, ternyata ia juga bisa lho merangkap sebagai sutradara untuk film yang ia perankan!

Berbagai aktor telah membuktikkan bahwa bekerja di depan dan belakang layar lebar sekaligus bisa dilakukan. Bukan hanya menghemat bujet, metode ini juga bikin proses syuting lebih efektif. Terlebih ketika sang sutradara berperan sebagai pemeran utama.

Ia tak perlu repot-repot untuk memberikan arahan dan penjelasan pada dirinya sendiri, bukan? Dalam dekade terakhir, film-film yang disutradarai oleh sang aktor mulai banyak bermunculan, baik oleh pelaku film di kancah Internasional maupun di Indonesia.

Ada siapa saja sih? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 aktor internasional dan nasional yang menyutradarai filmnya sendiri!

1. John Krasinski


Aktor dan presenter John Krasinski memiliki dua proyek film yang ia perankan dan sutradarai sekaligus, yaitu The Hollars (2016) dan A Quiet Place (2018). Film keduanya, A Quiet Place, bahkan berhasil menjadi film original horror story yang memiliki pendapatan terbanyak di minggu pertamanya. Dalam film tersebut, ia juga menyutradari istrinya, Emily Blunt, yang juga berperan sebagai istrinya. Siapa yang tak sabar dengan kelanjutan film ini?

2. Bradley Cooper

 

A Star Is Born (2018) bukan hanya debut Bradley Cooper sebagai sutradara, tapi juga debutnya sebagai seorang sutradara dan aktor utama sekaligus. Dalam film yang tersebut, Cooper beradu akting dengan Lady Gaga. Film ini pun mencuri perhatian di ajang Oscars dengan masuk dalam sejumlah nominasi bergengsi, yaitu Best Picture, Best Actreess, hingga Best Actor.

3. Jon Favreu

Sosok dibalik film Iron Man (2008), Iron Man 2 (2010) dan The Lion King (2019) ternyata adalah sosok yang sama dengan aktor utama dan sutradara dakam film Chef (2014). Chef merupakan film yang ditulis, diperankan, dan disutradrai sendiri oleh Favreu dimana film tersebut memotret dirinya sebagai seorang chef yang banting setir menjadi pengusaha food truck.

4. Angelina Jolie

Tak hanya menakjubkan di depan kamera, pemeran ‘Maleficent’ ini juga terjun di dunia penyutradaraan. Dari sejumlah film yang ia sutradarai, By The Sea (2015) adalah satu-satunya film yang ia perankan. Film tentang dunia pernikahan tersebut ia perankan bersama sang mantan suami, Brad Pitt ketika mereka sedang melakukan bulan madu di Gozo, Malta.

5. Mel Gibson

Di tahun 1995, Mel Gibson terlibat dalam film ‘Braveheart’ sebagai aktor dan sutradara. Lewat film tersebut, Gibson berhasil membawa pulang 5 piala Oscar, termasuk Best Picture dan Best Director. Meski begitu, film ini merupakan percobaan keduanya. Sebelumnya, ia juga pernah merangkap sebagai sutradara dan aktor untuk film ‘The Man Without A Face’.

6. Ben Affleck

Tak hanya tampil mengesankan sebagai Batman dalam film Batman v Superman (2016) dan Justice League (2017), Affleck juga menggeluti film sebagai sutradara dalam film The Town (2010) dan Argo (2012). Bahkan, Argo menjadi filmnya yang sukses menembus Oscar hingga menjadi pemenang Best Picture di tahun 2013.

7. Ernest Prakasa

Setelah berkutat di dunia komedi dan aktor, Ernest Prakasa kini dikenal sebagai sutradara yang kerap membuat film yang ia perankan sendiri. Beberapa film tersebut adalah Ngenest (2015), Cek Toko Sebelah (2016), Susah Sinyal (2017), Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta dan Rangga (2018) dan Imperfect (2019). Dalam kelima film tersebut, Ernest terlibat sebagai sutradara, penulis skrip, bahkan aktor.

8. Raditya Dika

Hampir seluruh film yang disutradarai Raditya Dika adalah film yang ia perankan sendiri. Bukan narsis, film-film itu biasanya memang diangkat dari bukunya yang menceritakan tentang kehidupan dirinya. Selain sebagai sutradara, Raditya Dika juga selalu menjadi penulis skripnya sekaligus. Beberapa film tersebut adalah Marmut Merah Jambu (2014), Single (2015), Malam Minggu Miko (2014), Koala Kumal (2016), Hangout (2016), The Guys (2017), Target (2018), dan Single Part 2 (2019).

9. Deddy Mizwar

Deddy Mizwar bukan hanya aktor kawakan Indonesia biasa. Ia memiliki rumah produksi sendiri dan sering menyutradarai film yang ia perankan. Beberapa film tersebut adalah Kiamat Sudah Dekat (2003), Ketika (2004), Naga Bonar Jadi 2 (2007), dan Alangkah Lucunya Negeri Ini (2010). Bahkan, ia juga sempat memenangkan penghargaan Sutradara Terbaik di Festival Film Bandung 2006 dan Pemeran Pria Terbaik FFI untuk Naga Bonar Jadi 2 (2007).

10. Reza Rahadian

Nama Reza Rahadian mungkin jadi salah satu nama yang paling dikenal di industri film tanah air saat ini. Ia telah berlaga di film horor, komedi, drama, hingga biopik. Namun, sosok Reza ternyata telah mencoba menyelami peran sutradara lewat film pendek Sebelah (2011), Isyarat (2013) dan Wanita Tetap Wanita (2013). Namun, baru-baru ini Reza dikabarkan sedang menggarap proyek film berjudul ‘Sementara, Selamanya’, dimana ia berlaku sebagai aktor utama sekaligus sutradara.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa

Editor: Indra M