Tuntut Keadilan Atas Kematian Tragis George Floyd, Sederet Selebriti Ini Gunakan Suaranya

RADAR MALANG – Hollywood sedang digemparkan dengan kabar tewasnya seorang pria hitam bernama George Floyd. Dikutip dari Variety (28/5), seorang polisi berkulit putih di Minneapolis berlutut di leher Floyd ketika proses penahanan.

Sebuah cuplikan menunjukkan Floyd yang tampak kesusahan bernapas hingga akhirnya tidak bergerak dan memejamkan matanya. Setelah dilarikan ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal, kejadian tersebut pun sontak memicu amarah dan protes dari masyarakat, tak terkecuali selebriti kenamaan Hollywood.

Tak hanya sejumlah figur terkenal dari kalangan komunitas hitam seperti LeBron James, Lupita Nyong’o, Cardi B, hingga Kim Kardashian saja. Selebriti dari ras putih (white people) juga buka suara soal kejadian tragis ini, mulai dari Justin Bieber, Taylor Swift, hingga Demi Lovato.

“Ini tidak benar. Dan ini tidak akan berhenti hingga semua orang melakukan bagian mereka. Terutama orang kulit putih,” Demi Lovato memberikan pernyataan melalui instagram @ddlovato (28/5). “Dan kenyatannya adalah, hingga ini berhenti sepenuhnya – komunitas hitam akan terus hidup di dalam bahaya. Lakukan bagianmu. Ini menyangkut dirimu juga,” lanjutnya lagi.

Model kawakan Naomi Campbell juga mencuitkan pendapatnya dan mengaitkannya dengan situasi pandemi. “Aku muak dan lelah dengan ini, lelah bersedih mengenai orang-orang kita yang mati dengan sia-sia. Dilecehkan dan dihinda dalam masa-masa sulit ini, saya pikir kita bisa berkumpul bersama, tetapi sepertiya Coronavirus ini telah membawa kita lebih banyak rasisme di jalur utama.”

Tak kelewatan, rapper Cardi B yang getol menyuarakan protes pada pemerintah Amerika Serikat juga ikut bersuara. “Cukup sudah cukup,” tegasnya dalam sebuah unggahan di instagram. Ini melelahkan! Aku lelah! Negara ini lelah!

 

Sebuah ucapan belasungkawa yang memuat potret George Floyd dengan kutipan kata-kata terakhir Floyd pun tersebar di internet dan diunggah oleh sejumlah musisi, mulai dari Taylor Swift, Selena Gomez, hingga Beyonce. “Tolong aku tak dapat bernapas,” begitulah kutipan tersebut berbunyi.

Kabar kematian Floyd pun menjadi puncak dari kegelisahan, amarah, dan kesedihan masyarakat atas isu rasisme di negara Paman Sam itu yang telah mendarah daging dan tak kunjung usai. Sebagian selebriti, seperti Lizzo dan Halsey, melihat kejadian ini sebagai sebuah permasalahan yang berakar dari sistem.

“Sistem ini mengecewakan orang-orang yang seharusnya dilindungi. Dimana pertanggungjawabannya?” cuit Halsey. Sementara itu, Lizzo menuding bahwa kepolisian memiliki sistem yang sangat rasis dan korup.

Ungkapan belasungkawa hingga tuntutan keadilan atas kematian warga sipil tersebut pun bahkan menembus kolom trending di Twitter lewat tagar #JusticeForGeorgeFloyd. Sebuah inisiatif untuk menandatangani petisi pun tersebar.

Petisi yang saat ini telah ditandatangani oleh hampir 500ribu orang itu menuntut walikota Jacob Frey dan jaksa wilayah Mike Freeman untuk meminta petugas yang terlibat segera dipecat dan agar dakwaan segera diajukan.

Masyarakat yang ingin membantu keluarga Floyd dalam situasi sulit ini dapat mendonasikan uangnya melalui platform penggalangan dana Go Fund Me yang diorganisir langsung oleh saudara Floyd, Philonise Floyd, sebagai dana memorial.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Website Beyonce, Instagram story @taylorswift
Editor: Indra M