Live Instagram, Bintang Spider-Man Singgung Tweet Kontroversialnya soal George Floyd

RADARMALANG – Aktor Shameik Moore membuat heboh dunia maya karena cuitannya yang dinilai kontroversial. Ia membahas soal kematian George Floyd dan menyebut jika kesalahan tersebut terjadi karena andil masyarakat kulit hitam.

Hal tersebut menjadi sorotan dan membuat dirinya jadi sasaran kemarahan netizen. Bintang Spider-Man: Into the Spider-Verse itu pun membuat pembelaan di media sosialnya.

Ia sempat membuat beberapa tweet soal pandangannya terkait masalah tersebut namun ternyata hal itu malah membuat publik makin geram. Shameik pun memilih melakukan live di Instagram untuk menjelaskan langsung kepada para netizen terkait tweet-tweet miliknya itu.

“Aku akan live di instagram…. Tweetku disalahartikan. (Aku) melawan nasihat timku, aku akan berbicara langsung dengan kalian semua di IG,” tulisnya, seperti dikutip dari TMZ (30/5).

Meski begitu masih banyak netizen yang kesal dengan tulisan-tulisannya itu.

“Berhenti menyalahkan masyarakat kulit hitam atas tindak kekerasan dan diskriminasi dan ketidakpedulian yang mereka terima dari masyarakat kulit putih,” tulis salah seorang netizen.

“Tweet-mu sangat tidak sensitif,” tulis lainnya.

Sebelumnya, Shameik mengatakan jika mereka harus belajar bagaimana berhadapan dengan penegak hukum dan berhenti menyalahkan semua hal dengan dalih rasis.

“Lihat, aku punya opini kuat yang dibenci oleh masyarakat kulit hitam, namun harus didengar. Kita perlu belajar bagaimana berhadapan dengan polisi dan (apa itu) tindakan rasis, karena ini adalah bagian dari sebuah skenario di mana kita gagal memperbaikinya,” cuitnya.

Selain itu, ia juga menuliskan jika masyarakat kulit hitam harus berhenti berpikir dengan mental budak.

“Tak ada yang bertanya tentang opiniku, ini 2020 bukan 1945…. Berarti aku lebih fokus dengan masa depan masyarakat kulit hitam bukan sejarahnya. Secara pribadi aku menolak untuk berpikir seperti korban…. Aku menolak untuk memiliki mental budak. Aku tak merasa takut dalam hidupku karena aku tahu bagaimana membawa diriku dalam situasi sulit,” sambungnya.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Atlanta Magazine
Editor: Indra M