JK Rowling Bocorkan Fakta Soal Asal-Usul Harry Potter

RADARMALANG – J.K. Rowling mengejutkan penggemar ketika mengungkapkan fakta-fakta seputar asal-usul segala sesuatu dalam kisah Harry Potter. Kejutan itu bermula ketika Rowling mengungkapkan Edinburgh, Skotlandia, bukan tempat awal kisah Harry Potter ditulis.

Selama ini, fan Harry Potter selalu berbondong-bondong ke Edinburgh untuk mengunjungi lokasi yang dikabarkan menjadi tempat penulisan waralaba itu.

“Saya menyewa satu kamar di sebuah flat yang terletak di atas toko olahraga. Bata pertama Hogwarts diletakkan di sebuah flat Clapham Junction,” tulis Rowling lewat akun resmi Twitter-nya, sebagaimana dikutip dari The News (24/5).

Ia kemudian menuliskan, “Ini menjadi tempat kelahiran Harry Potter, jika kalian mendefinisikan tempat kelahiran sebagai lokasi pertama kali saya menuliskan cerita itu.”

Rowling membocorkan fakta tersebut setelah seorang penggemar mengunggah foto kedai kopi Elephant House di Edinburgh yang disebut-sebut sebagai lokasi kelahiran Harry Potter, terutama karena Rowling duduk di ruang belakang sambil melihat Kastil Edinburgh.

Rowling mengaku memang pernah menulis Harry Potter di kafe tersebut. Namun, Harry Potter sudah ditulis bertahun-tahun sebelum ia menginjakkan kaki di sana. “Jika kalian mendefinisikan tempat kelahiran Harry Potter adalah lokasi ide itu muncul, maka itu berada dalam kereta Manchester-London,” cerita Rowling.

Dalam utas itu, ia juga menceritakan ide permainan quidditch muncul pada 1991, setelah ia menghabiskan satu malam di Hotel Bourneville, Manchester.

Rowling juga mengklarifikasi beberapa hal, seperti Toko Buku Oporto yang disebut-sebut menjadi inspirasi Hogwarts. Rowling membantah karena ia tidak pernah berkunjung ke sana.

Begitu pula dengan salah satu sekolah di Edinburgh yang disebut menginspirasi bangunan Hogwarts. Rowling menyatakan kabar tersebut sepenuhnya keliru. Hogwarts sudah dibuat dan dipersiapkan jauh sebelum ia melihat sekolah itu.

Ia juga mengungkap bahwa Gandy Street ternyata tak berhubungan sama sekali dengan Diagon Alley.

Meski mengungkap banyak fakta seputar Harry Potter dan menjawab sejumlah pertanyaan penggemar, Rowling sama sekali tidak membocorkan karya terbarunya.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Stylist
Editor: Hendarmono Al Sidarto