Twitter Luncurkan Fitur ‘Schedule’ untuk Jadwalkan Postingan

RADARMALANG – Twitter terus menggelontorkan fitur terbaru untuk meyakinkan pengguna terkait isi twit yang bakal diunggah (upload) mereka.

Kali ini, jejaring sosial yang dirintis oleh Jack Dorsey itu meluncurkan fitur ‘Schedule’ . Seperti namanya, pengguna Twitter kini bisa menyimpan dan menjadwalkan twit yang mereka buat, untuk diunggah secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan.

Fitur ini baru hadir di versi web browser. Menariknya, isi dari twit tersebut bisa diedit oleh pengguna, asalkan belum melewati batas waktu upload yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, twit yang ditulis pengguna memang akan langsung tayang dan tidak bisa dijadwalkan. Bahkan, twit tersebut tidak bisa diedit, dan pengguna harus menghapus unggahan mereka jika ada yang salah dengan isinya.

Adapun fitur macam scheduling ini sebelumnya memang sudah bisa dilakukan lewat sejumlah aplikasi manajemen sosial media pihak ketiga, seperti Hootsuite, Buffer, dan lain sebagainya.

“Belum siap untuk mengirim sebuah twit? Sekarang, Anda bisa menyimpan twit menjadi draf atau menjadwalkannya untuk dikirimkan di waktu yang spesifik,” ujar akun @TwitterSupport, seperti dikutip dari The Verge (31/5).

Cara menjadwalkan twit Nantinya, pengguna bisa menemukan fitur ini ketika mereka ingin menulis sebuah twit via halaman “Compose”.

Di halaman tersebut, pengguna bisa meng-klik ikon mirip “kalender” yang terletak di sebelah kanan ikon fitur “poll”.

Sehabis meng-klik ikon tersebut, pengguna bisa mengatur detail waktu dan tanggal, kapan twit tersebut bakal diunggah secara otomatis. Apabila telah selesai menulis twit dan mengatur waktu unggahan, klik tombol “Schedule”.

Setelah itu, pengguna lantas bisa melihat, menyunting twit, atau mengubah detail waktu dari twit yang sudah dijadwalkan dengan kembali mengunjungi halaman “Compose” dan meng-klik tombol “Unsent Tweets”.

Menurut pantauan radarmalang.jawapos.com, fitur scheduling sudah bisa dicoba oleh pengguna Twitter di Indonesia via Twitter versi web, baik di perangkat desktop atau mobile.

Meski demikian, fitur ini belum tersedia di aplikasi Twitter di Android dan iOS. Ada kemungkinan fitur ini bakal diboyong oleh Twitter ke versi aplikasi dalam waktu dekat. Kita nantikan saja.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: WiralTech
Editor: Indra M