JawaPos.com – Ribuan mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar aksi unjuk rasa di halaman gedung Rektorat, Selasa (19/3). Aksi protes dilayangkan mahasiswa untuk menolak pembayaran uang kuliah paket yang telah ditetapkan pihak kampus.

Orasi diiringi dengan bentangan spanduk yang berisi tentang penolakan penerapan kebijakan uang kuliah paket. Selain itu, mahasiswa Kampus Proklamator itu juga membakar sejumlah ban bekas di tengah jalan Kampus.

Koordinator aksi, Fajri Indra Pratama mengatakan, demonstrasi ini hadir untuk menentang dan menuntut pihak Rektorat UBH, agar mengembalikan sistem pembayaran uang kuliah kembali seperti semula.

Ribuan mahasiswa UBH Padang menggelar aksi unjuk rasa (Istimewa)

“Kami menolak uang kuliah paket. Ini jelas tidak adil bagi semua mahasiswa. Ini yang kami tolak bersama agar kembali berdasarkan jumlah satuan kredit semester (SKS),” kata Fajri berorasi di depan ribuan mahasiswa.

Sebetulnya, lanjut Fajri, penolakan kebijakan uang kuliah paket ini bukan pertama kali dilakukan. Sebelumnya, pihaknya juga telah menggelar audiensi dengan pihak Kampus.

Namun, pertemuan tersebut tidak menemukan kata sepakat. Hal inilah yang memicu lahirnya aksi unjuk rasa.

“Pihak kampus berjanji akan menyelesaikannya. Tapi tidak ada hasilnya,” tegasnya. (Riki Chandra)

Editor           : Yusuf Asyari

Reporter      : Riki Chandra