KOTA MALANG – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar workshop bertajuk “Jurus Jitu Sukses Proposal PHBD” di Auditorium Kampus Unikama, Jum’at (15/3). Kegiatan yang diikuti puluhan peserta dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) ini berlangsung dengan amat antusias.

Dibuka dan dihadiri secara langsung oleh Dekan FST, Dr. I Ketut Suastika, M. Pd. Kegiatan ini memberikan bekal terhadap mahasiswa sekaligus pembinaan dalam pengiriman pra proposal program PHBD (Program Hibah Bina Desa) yang dibuka hingga 29 Maret mendatang.

“PHBD ini merupakan program pendamping pengembangan desa dari Dirjen Dikti Menendikbud,” kata pemateri I, Anggri Sartika Wiguna, ST, MT.

Menurutnya, salah satu kunci keberhasilan untuk dapat lolos di pra proposal adalah inovasi, kesesuaian dengan ruang lingkup dan tujuan sesuai dengan bidang prodi dan jurusan masing-masing mahasiswa.

Terutama harus sesuai dengan tema PHBD di tahun 2019 ini, yakni Terwujudnya Mahasiswa Berdaya Saing Melalui Kolaborasi dalam Pengembangan Masyarakat Desa di Dunia Industri 4.0.

“Di era industri digital 4.0 ini, bagaimana kita bisa membina masyarakat desa untuk berkembang dari bidang Sains, Fisika, Matematika, dan sebagainya,” katanya

Pemateri II, Kurriawan Budi Pranata, M. Si juga tak jauh berbeda. Menurutnya mahasiswa bisa dengan metode terjun langsung ke lapangan.

Tujuannya, tak lain agar bisa menemukan dan mendalami potensi desa yang cocok untuk dikembangkan. “Kalian tidak harus berpikir jauh. Langsung saja datang observasi, sambil ngopi-ngopi di warung atau ngobrol dengan warga setempat dan jangan lupa dokumentasi,” jelasnya

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi ini juga menjadi wadah untuk sharing. Bahkan ada testimoni dari salah satu tim yang tahun 2018 lalu lolos di tahap satu PHBD.

“Ini bagus banget, bisa bantu kita menemukan ide. Ngasih motivasi jadi mempermudah dalam bimbingan,” tandas salah satu peserta, Friskinita, mahasiswa semester 6 Program Studi Teknik Informatika, FST.

Pewarta : Feni Yusnia
Foto : dok UNIKAMA
Penyunting : Fia