MALANG KOTA – Terjawab sudah teka-teki soal siapa pemain asing yang bakal didatangkan Arema FC. Untuk posisi striker, pilihan jatuh pada Robert Lima Guimares. Sementara untuk gelandang, Arema FC menjatuhkan pilihan pada pemain Uzbekistan, Pavel Smolyachenko.

Rencananya, dua pemain itu akan mengikuti sesi latihan perdana Arema FC di Stadion Gajayana sore ini. ”Kemarin (8/1) pemain asing sudah landing di Singapura sekalian apply visa. Besok (hari ini) mereka tiba di Jakarta dan sorenya ikut latihan,” kata General Manager Arema FC Ruddy Widodo.

Dia menyatakan, pemain asing yang didatangkan tidak perlu lagi mengikuti proses seleksi. ”Namun, secara regulasi mereka harus sah secara administrasi dan medical,” ungkap dia.

Artinya, baik Robert maupun Pavel hanya perlu melengkapi berkas administrasi serta mengikuti tes medis. Jika dua hal itu beres, keduanya bisa langsung didaftarkan. Termasuk untuk Piala Indonesia. ”Karena ini ajang pramusim, persyaratan Piala Indonesia mungkin akan lebih ringan,” kata Ruddy.

Soal pemilihan pemain asing, Ruddy menyatakan bahwa semua didasarkan pada kebutuhan tim. Seperti diketahui, posisi penyerang tengah memang lowong di Arema FC.

Sedangkan untuk gelandang, Arema FC butuh tipikal pemain yang bisa men-support Makan Konate. ”Apalagi, gelandang kami dibawa oleh coach Indra Sjafri (untuk Timnas U-22),” kata dia.

Seperti diketahui, tiga gelandang Arema FC mendapatkan panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-22. Ketiga pemain itu adalah Muhammad Rafli, Hanif Sjahbandi, dan Jayus Hariono.

Lantas, siapa sebenarnya Robert Lima Guimares dan Pavel Smolyachenko?

Robert diketahui terakhir kali bermain untuk Al Shabab SC di Liga Kuwait. Namun informasi lain menyebut bahwa Robert sebelumnya bermain untuk klub amatir Brazil Esportivo Bento Goncalves.

Dari YouTube, bisa dilihat penampilan Robert. Pemain bertinggi badan 180 sentimeter itu punya sejumlah kelebihan. Di antaranya, punya kecepatan, kuat saat menguasai bola, dan kuat dalam duel udara.

Sementara Pavel, diketahui memperkuat Metallurg Bekabad, Uzbekistan di musim lalu. Dari tayangan YouTube, Pavel menjadi pemain yang punya kelebihan memotong alur serangan lawan.

Pewarta             : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor        : Dwi Lindawati
Penyunting         : Indra Mufarendra