Hilal Belum Terlihat di 24 Lokasi, NU Keluarkan Pengumuman Idul Fitri Jatuh Pada Rabu

JAKARTA – Hasil Rukyatul hilal yang diadakan di berbagai daerah Senin, (3/6) sore tadi tidak berhasil. Berdasarkan hasil ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pun mengeluarkan pemberitahuan resmi terkait awal bulan Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019 Masehi.

Dalam surat pengumuman yang diterima radarmalang.id, dalam rangka penentuan awal bulan Syawal 1440 H, tim Rukyatul Hilal PBNU/ Lembaga Falakiyah PBNU pada hari Senin tanggal 3 Juni 2019 M / 29 Sya’ban 1440 telah melakukan rukyatul hilal bil fi’li di beberapa lokasi rukyat yang telah dilakukan.

“Tidak berhasil melihat hilal. Dengan demikian umur bulan Ramadan 1440 H adalah 30 hari (Istikmal),” tulis pengumuman tersebur.

Atas dasar istikmal tersebut ditambah dengan Al-Madzahibul Arba-ah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pun memutuskan memberitahukan bahwa awal bulan Syawal 1440 H jatuh pada Hari Rabu tanggal 5 Juni 2019 M.

“Kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya, agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019,” lanjut keterangan dalam pengumuman yang ditandantangani oleh Ketua Umun PBNU dan Sekjen PBNU.

Tak usai, dalam pengumuman tersebut juga disebutkan PBNU turut menyampaikan selamat merayakan idul fitri 1 Syawal 1440 H dengan penuh suka cita. “Mohon maaf lahir batin,” tulis dalam kertas imbauan

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here