MALANG – Ini menjadi kabar gembira bagi warga Kabupaten Malang. Pasa

lnya, untuk mengurus administrasi kependudukan tak perlu jauh-jauh datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) di Kepanjen, Kabupaten Malang. Melainkan sudah bisa dilayani oleh Kantor Pos terdekat.

Kepala Kantor Pos Malang, Agung Janarjono mengatakan, program ini masih dalam tahap pengembangan dan akan segera direalisasikan tahun ini.

“Kemarin kami baru tanda tangan MoU dengan Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, biar masyarakat tak perlu jauh lagi kalau mengurus,” ujar dia

Pelayanan tersebut, antara lain meliputi pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kemudian, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran juga, surat kematian.

Alurnya cukup mudah. Warga Kabupaten Malang hanya perlu datang ke kantor pos terdekat. Setelahnya, mengisi formulir yang disediakan petugas dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan sebelumnya. Dan cukup satu kali membayar. Sudah termasuk biaya dokumen adminitrasinya hingga jadi.

“Nanti akan kami antar ke dispendukcapil, lalu akan diproses dan kami kirimkan lagi ke masyarakat kalau sudah jadi,” beber Agung.

Untuk estimasi waktu, ia belum bisa menjelaskan dengan pasti. Karena waktu pengurusan tergantung pihak Dispendukcapil Kabupaten Malang.

Nantinya, program ini bisa dilakukan di 30 cabang kantor pos yang tersebar di Kabupaten Malang. Misal di Pujon, Ngantang, Kasembon, dan Kepajen. Kedepan, pihaknya juga berharap agar program serupa bisa direalisasikan di Kota Malang.

“Sementara ini masih untuk Kabupaten. Untuk Kota Malang rencananya juga akan kita berlakukan juga tapi masih kami proses,” tandas pria asal Jawa Tengah tersebut

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto :