JawaPos.com – Timnas U-22 Indonesia boleh dibilang seperti mata air di tengah gurun pasir. Di tengah karut-marutnya PSSI yang dilanda isu pengaturan skor, mereka justru berhasil membuktikan diri di kancah internasional.

Saat ini kepercayaan publik terhadap PSSI mulai menurun drastis. Sebab beberapa anggotanya termasuk Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum, Joko Driyono telah ditetapkan tersangka oleh Satgas Antimafia Sepak Bola.

Akan tetapi, Garuda Muda justru tak terpengaruh dengan isu tersebut. Mereka sukses menjuarai Piala AFF U-22 2019 setelah menaklukkan Thailand pada partai puncak.

“Ini yang perlu digali dari para pemain. Ternyata situasi yang ada tidak menghalangi semangat tempur mereka untuk menjaga martabat dan harga diri bangsa ini,” ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Menurut Imam, Andi Setyo Cs sudah membuktikan itu. Mental ini harus dijaga dan dipertahankan menuju Piala Asia U-23 2020 mendatang.

“Karena ini situasi yang baik sekali dari timnas Mereka tidak sedikitpun terpengaruh bahkan sebaliknya, membuktikan lewat prestasi,” tegas Menpora.

Ini merupakan gelar pertama Indonesia di Piala AFF U-22. Mereka menyamai prestasi juniornya dari level U-19 dan U-16.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama

Reporter      : Indra Eka Setiawan