JawaPos.com – Bareskrim Polri sudah menangkap Bagus Bawana Putra yang diduga menyebarkan hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos.? Pelaku diduga menjabat sebagai Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional7 Prabowo.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Raja Juli Antoni mengaku sudah mengetahui pelaku adalah relawan dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dia pun sudah bisa memprediksi jawaban dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) dalam menjawab kasus tersebut.

“Kalau di berita bukan diduga, tetapi sudah punya posisi ya. Tapi saya kira normatif jawabannya sudah tahu di kubu sana (Prabowo), nanti akan bilang enggak, itu bukan. Jadi, sudah tahu jawabannya,” ujar Antoni di DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Rabu (9/1).

Meski BPN membantahnya, Antoni tetap berpesan agar ke depan para relawan kubu penantang tak lagi membuat dan menyebarkan hoaks. Pesan ini ia sampaikan lantaran, kata dia, sebagai capres saja Prabowo juga melakukan kebohongan.

Misalnya, soal alat cuci ginjal di RSCM yang digunakan 40 kali pemakaian. Antoni berharap relawan Prabowo-Sandi tidak mengikuti jejak jagoan mereka.

“Jadi, saya berharap jangan sampai guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Jadi Pak Prabowo dan Pak Sandi mulai menata kampanye mereka dengan positif dengan data,” katanya.

Dia juga meminta polisi untuk mengusut tuntas kasus ini. Menurutnya, perlu ada hukuman yang membuat efek jera bagi pelaku. Sehingga, tidak ada lagi pihak-pihak yang ingin membuat hoaks? di tahun politik ini.
?
“Saya kira polisi harus menginvestigasi ya. Kita serahkan kepada institusi polisi, diinvestigasi sedemikian rupa supaya ada efek jera. Jadi, selama ini kan tampaknya itu yang masih belum tampil. Sehingga orang masih berani berulang kali kelompok lain mencoba memancing di air keruh,” pungkasnya.

?Sebelumnya, Direktorat Siber Bareskrim Polri berhasil menangkap pembuat sekaligus buzzer hoax tujuh kontainer surat suara tercoblos di Tanjung Priok beberapa waktu lalu. Pelaku diamankan di wilayah Sragen, Jawa Tengah pada Senin (7/1).

Saat ditampilkan di hadapan media, wajah pelaku tampak tak asing. Dia merupakan Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional7 Prabowo, Bagus Bawana Putra. Namun polisi enggan mengaitkan tersangka dengan statusnya di dunia politik.

“Kami enggak relawan-relawanan. Kami pure murni penegakan hukum,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat menggelar konferensi pers di kantornya, Rabu (9/1).

Editor      : Estu Suryowati
Reporter : Gunawan Wibisono