KOTA MALANG – Tak hanya keinginannya pensiun di Arema FC, mantan pemain timnas Hamka Hamzah juga mengungkapkan keinginannya untuk melatih sepak bola. Bahkan, dirinya juga sudah memiliki formasi favorit yang pas untuk klubnya nanti.

“Kalau formasi terbaik menurut saya ya 1-1-8,” ujar Hamka Hamzah yang langsung disambut tawa awak media di rumahnya Senin (3/12) malam.

Ya, bagaimana tidak, formasi yang ingin ia terapkan adalah firmasi menggunakan 8 striker. Sedangkan di tengah dan belakang masing-masing hanya menyisakan satu pemain.

“Ya itu menurut saya,” ujarnya sembari bercanda.

Meski begitu, ketika disinggung terkait rencana untuk menjadi pelatih, dirinya memang menyampaikan hal itu benar adanya.

“Ya, arah saya memang ke situ,” ujar pemain berusia 34 tahun itu.

Menurutnya, dia akan melatih klub secara berjenjang mulai dari level junior U-16, U-19, U-20, asisten pelatih sebelum akhirnya menjadi pelatih kepala.

“Tapi saya tidak langsung lah. Senuanya harus bertahap. Seperti saat karir menjadi pemain bola, yaitu dari level junior terlebih dahulu,” tegasnya.

Unruk diketahui, Hamka Hamzah saat ini sudah mengantungi lisensi C kepelatihan dari AFC. Dirinya juga mengungkapkan jika ada kesempatan, dirinya akan mengambil lisesi B dari AFC.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Gigih Mazda