Ruko ITC Permata Hijau Dilalap Si Jago Merah, Diduga Korsleting



JawaPos.com – Suasana malam yang tenang di kawasan ruko ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan, mendadak berubah mencekam. Tepatnya di gedung JTJ. Satu ruko berukuran 6×10 meter persegi milik klinik kecantikan, ZAP, dilalap api. 


Ruko empat lantai itu dijilat si jago merah sekitar pukul 23.00, Jumat (7/9). Kemudian sekitar pukul 23.15, tim Damkar Jakarta Selatan tiba di lokasi. 



Kepala Sektor II Damkar Jaksel Sahartono menyebuykan, ada 10 unit mobil penjinak api yang dikerahkan. Setiap unit terdiri sekitar lima orang. Itu artinya, ada 50 orang yang diterjunkan. 


Api berhasil dipadamkan pukul 00.25. Cukup lama. Menurut dia, kendala yang dihadapi tim pemadam yakni tidak ada ventilasi yang cukup. Saat dipadamkan, asap api mantul dan kembali ke titik kebakaran. “Yang kebakar itu dimensi ukurannya sekitar 6×6 meter persegi,” ujarnya saat ditemui di lokasi kebakaran. 


Denah ruko berada di dekat pintu masuk motor dan mobil yang menuju ITC. Sekitar 10 meter sisi selatan ruko terdapat NAV Karaoke Keluarga. Kemudian 15 meter sisi utara berdekatan dengan lokasi parkir outdoor untuk motor. 


Sahartono mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Semua aman. Termasuk barang-barang milik ZAP. Dia menjelaskan anatomi fungsi tiap ruangan dari ruko. 


Lantai pertama, kata dia, digunakan untuk menerima tamu dan ruang tunggu. Lalu naik ke lantai dua dan tiga terdapat ruang tindakan bagi pasien.kemudian di lantai empat difungskan untuk gudang. “Titik kebakaran ada di lantai empat itu,” tambahnya. 


Hasil hipotesis dari tim damkar, penyebab amukan si jago merah adalah korselting listrik. Ada tanda-tanda korsleting listrik, sambungnya. “Cuma nanti yang bisa memberikan kejelasan lebih lanjut ya pihak kepolisian,” sambung Sahartono. 


Untuk menjinakkan amukan api, menurutnya, tim membutuhkan air lebih dari 50 liter kubik. Untungnya, sambung dia, cadangan air yang dimiliki ITC Permata Hijau cukup. “Tadi kami mengambil dari pasokan air di kawasan sini (ITC, red),” papar dia. 


Sementara salah seorang karyawan ZAP yang enggan disebutkan namanya menyebutkan, ruko tersebut tidak digunakan sejak Agustus lalu. Rencananya, kata dia, operasional akan dipindahkan. “Mau pindah ini itu sebenarnya,” katanya. 


Saat ditanya lokasi kepindahan operasional, narasumber itu tutup mulut. Dia menjelaskan, dirinya mendapatkan kabar terkait kebakaran sekitar pukul 23.00. Dia menuturkan, di ruko tersebut masih ada beberapa barang tindakan terapi kecantikan. “ZAP beroperasi di ruko ITC Permata Hijau sejak 2015 lalu. Sekitar tiga tahun ada kali ya,” tambahnya. 



(sam/JPC)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here