JawaPos.com – Di akhir sesi debat, capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya tidak punya beban di masa lalu. Termasuk tuduhan bahwa dia adalah seorang diktator atau otoriter.

“Kami tidak ingin banyak bicara, kami sudah tahu persoalan bangsa ini dan tahu apa yang harus kami lakukan. Kami tidak punya potongan diktator atau otoriter,” ujar Jokowi dalam penutupnya di Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).

Jokowi menambahkan, ia dan Ma’ruf Amin juga tidak punya catatan hukum tersangkut masalah korupsi. Selain itu, Jokowi memastikan mereka tak pernah melakukan tindak kekerasan.

“Kami tidak punya rekam jejak melanggar HAM. Kami tidak punya rekam jejak melakukan kekerasan. Kami juga tidak punya rekam jejak masalah korupsi,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Joowi mengaku, dirinya dan Ma’ruf Amin siap mempetaruhkan jabatannya. Hal itu dilakukan agar Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Jokowi-Amin akan pertaruhkan jabatan dan reputasi, dan akan kami gunakan semua kewenangan yang kami miliki untuk perbaikan bangsa ini,” pungkasnya.

Editor           : Estu Suryowati

Reporter      : Gunawan Wibisono