Bupati Malang Larang ASN Salat Id di Masjid

Bupati Malang HM Sanusi saat diwawancarai di Pendapa Agung Kabupaten Malang.

KABUPATEN MALANG – Bupati Malang HM Sanusi mengeluarkan instruksi kepada ASN (aparatur sipil negara) Kabupaten Malang agar tidak melakukan salat id di masjid maupun tempat lapang.

Instruksi tersebut dibuat setelah mengacu imbauan dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan pemerintah pusat. ASN pun diimbau untuk salat id dari rumah masing-masing.

“Ya sesuai dengan imbauan MUI dan Pemerintah. Kami instruksikan ASN untuk tetap jaga diri dan salat di rumah,” ujar Sanusi sesuai rapat evaluasi PSBB Malang Raya di Pendopo Pringgitan, Sabtu (23/5) dini hari.

Politikus PDIP ini juga tak segan-segan memberi sanksi, jika ada ASN Kabupaten Malang yang ketahuan salat Id di luar rumah.

“Nanti kami perintahkan BKPSDM untuk memberikan (mencatat sebagai) pelanggaran indisipliner ke ASN yang masih nekat salat Id di luar rumah,” tukasnya.

Sebagai informasi, salat Id sendiri akan dilaksanakan Minggu besok (24/5). Sejumlah masjid diketahui ada yang masih menggelar salat Id.

Meskipun begitu, MUI Kabupaten Malang mengimbau agar takmir masjid dan masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19, seperti pemakaian masker, dan memakai sajadah sendiri.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander

Editor: Indra M