Suasana Jelang Lebaran di Pasar Kepanjen, Sepi Pembeli dan Lengang

KABUPATEN MALANG – Menjelang lebaran tahun ini suasana berbeda terlihat di Pasar Kepanjen.

Sebab, tidak banyak pembeli yang berduselan untuk membeli pakaian ataupun bahan makan menjelang lebaran. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang ramai dan riuh.

Bahkan pasar tersebut terlihat lengang di beberapa kolom pasar meskipun sebagian besar kios masih buka dan pedagangnya berusaha mengais rezeki di akhir bulan suci ini.

Salah satu pedagang sembako, Susi Irawati mengaku lengangnya pasar ini sudah terjadi sejak awal Ramadhan sampai saat ini.

“Sudah sepi hanya ada orang yang berlalu lalang tapi ya sedikit. Menjelang lebaran ini saya kira ramai, tapi ya sama saja,” ujarnya kepada Radar Malang, Sabtu (23/5)

Dari pantauan wartawan Radar Malang pedagang di Pasar Kepanjen tidak mematuhi kebijakan ganjil-genap. Padahal di atas kios sudah terlihat stiker ganjil genap.

“Ya mau gimana lagi. Orang kami buka aja tetap sepi. Apalagi tutup satu hari satu buka,” ujar penjual pakaian tersebut.

Senada dengan Susi, Sri Anik pedagang sembako juga mengaku suasana pasar jelang lebaran ini tergolong cukup sepi di banding tahun sebelumnya.

Hal itu menurutnya karena sebagian pembeli sudah mendapat berbagai bantuan sembako. Belum juga pendapatan mereka banyak yang berkurang.

“Ya sudah mendapat bantuan. Terus mau beli bahan pokok ini jadi hemat. Ya memang ada yang tetap beli tapi ya gak seramai dulu,” tukas dia.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor: Indra M