Internet Gratis hingga Makanan Bernutrisi Tinggi, Inilah Fasilitas yang Didapatkan Pasien Positif Korona di Kabupaten Malang

KABUPATEN MALANG – Sejak awal Mei, pasien positif Covid-19 tak hanya dirawat di rumah sakit rujukan. Tapi juga di Rusunawa ASN Kabupaten Malang yang selama wabah ini dialihfungsikan menjadi ruang isolasi.

Sebagai ruang isolasi, Rusunawa dikhususkan bagi pasien positif yang tidak menunjukkan gejala, atau terlihat sehat. Dengan menjalani isolasi di Rusunawa, mereka bisa menghindari diskriminasi dari masyarakat sekitar.

Bagaimanakah perawatan dan keseharian pasien positif Covid-19 di Rusunawa ASN tersebut?

Wartawan Radar Malang pun mencoba bertanya ke Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo terkait hal itu.

Arbani menjelaskan, setiap pasien mendapatkan makanan penuh nutrisi tiga kali sehari.

“Mereka makan pagi, siang, dan malam. Makanannya juga yang sehat seperti buah-buahan dan sayur sekaligus suplemen makanan vitamin juga,” tuturnya.

Kemudian, setiap pagi, pasien juga diajak berjemur dan senam bersama.

“Ya supaya juga tidak stres, kami ajak keluar ruangan dan caring (berjemur). Biar nutrisinya dapat dan imun bertambah karena mendapat sinar matahari,” beber Arbani.

Untuk prosesi berjemur dan senam ini, kata Arbani, dilakukan rutin setiap pagi, antara pukul 08.00-10.00.

“Ya mereka rutin melakukannya pada pagi hari bersama-sama dan bercengkrama bersama. Ya kami upayakan senyaman mungkin mereka di sini,” kata dia.

Tak cukup sampai di situ. Selama di Rusunawa, pasien juga mendapatkan akses Wi-Fi, dan televisi di setiap kamar.

“Supaya rileks dan tetap terhibur kami sudah siapkan Wi-Fi dan tv (televisi) di kamar. Jadi biar gak stres begitu,” ujarnya.

Terakhir kata Arbani di Rusunawa ASN juga disediakan obat pereda gejala nyeri ataupun demam untuk para pasien positif Covid-19 yang sedang dalam perawatan.

“Kami siapkan paracetamol juga untuk pereda gejalanya. Karena obat covid-19 ini belum ditemukan kami hanya bisa meminimalisir gejala dengan paracetamol,” tutupnya.

Sebagai informasi, untuk biaya perawatan di Rusunawa ASN ini gratis. Semua anggaran ditanggung oleh Pemkab Malang.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor: Indra M