Kepala DPKPCK Jadi Plt Sekda Kabupaten Malang?

KEPANJEN – Teka teki Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang akan terjawab hari ini, Jumat (29/5). Hal tersebut menyusul masa bakti Didik Budi Mulyono sebagai Aparatur Silip Negara (ASN) yang akan berakhir pada 1 Juni 2020 mendatang. Bupati Malang, Sanusi diprekdiksi kuat akan menunjuk Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK), Wahyu Hidayat sebagai Plt Sekda sembari menunggu proses seleksi dari Tim Panitia Seleksi (tim pansel).

Berdasarkan informasi yang dihimpun radarmalang.jawapos.com, kompetensi Wahyu Hidayat sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan sebagai sekda. Mengawali karier sebagai Camat Tajinan, pria yang mengambil akta 4 mengajar di Institute Housing Study (HIS)/MURD Course Rotterdam Belanda ini diangkat menjadi Kepala Kantor Perumahan pada masa Bupati Rendra Kresna tahun 2011.

Dosen Planologi ITN Malang ini juga dipercaya menjabat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan pada 2013, Kepala Dinas Pengairan di 2015 dan Kepala DPKPCK sejak 2016 hingga sekarang. Berbagai prestasi ditorehkan Wahyu selama mengabdi untuk Kabupaten Malang, salah satunya Adiupaya Puritama, penghargaan tertinggi di tingkat perumahan
Bupati Malang, Sanusi kendati tak secara eksplisit menyebut nama, namun ia tak menampik nama Wahyu Hidayat.

“Pejabat yang ditunjuk dari Eselon II. Bisa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), asisten pada sekda, staf ahli bupati,” ujar Sanusi membocorkan.

Dikonfirmasi di tempat terpisah, Wahyu Hidayat mengaku hingga saat ini belum mendapat informasi terkait penugasan sebagai Plt Sekda.

“Wah saya belum tahu. Saya tidak berkompeten untuk menjawab,” kata pria ramah ini.

Sementara itu, Tim Pansel akan melakukan seleksi terbuk, menyusul turunnya surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 821/2769/OTDA yang ditandatangani Direktur Jenderal otonomi Daerah (Dirjen Otda), Akmal Malik yang ditujukan kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa tentang Persetujuan Pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Malang.

Foto: istimewa
Penyunting: Fia