MALANG KOTA – Musim baru, pelatih baru, pemain baru, semangat baru. Itulah yang terlihat dari skuad Arema FC saat menggelar latihan di Stadion Gajayana kemarin sore (10/1).

Ini menjadi latihan perdana Arema FC pada 2019. Juga menjadi yang pertama setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 musim 2018 pada 9 Desember 2018.

Seperti yang sudah direncanakan sebelumnya, pelatih anyar Milomir Seslija langsung memimpin latihan perdana Arema FC. Lima pemain baru juga hadir, bergabung dengan 12 pemain lama yang kemarin mengikuti latihan.

Dari lima nama pemain baru itu, dua di antaranya merupakan pemain asing. Yakni, Robert Lima Guimares (striker/Brasil) dan Pavel Smolyachenko (gelandang/Uzbekistan).

Sedangkan tiga lainnya adalah pemain lokal. Yakni, Sandy Firmansyah (kiper/eks Sriwijaya FC), Ikhfanul Alam (bek/eks Bhayangkara FC), dan Rachmat Latief (bek/eks PSM).

Seluruh pemain terlihat antusias melahap setiap menu latihan yang diberikan tim pelatih. Apalagi, latihan itu disaksikan oleh sekitar 1.000 Aremania.

Suasananya sama seperti pertandingan resmi. Ketika Robert menggiring bola, lalu melepaskan tembakan, sorakan penonton pun terdengar.

Selain itu, Wali Kota Malang Sutiaji juga ikut menyaksikan latihan perdana Arema FC. Dia sempat bertemu dan berbicara dengan Milomir Seslija.

Sutiaji menyatakan, kehadirannya di stadion sebagai bentuk kecintaannya terhadap Arema. ”Saya sudah mengikuti Arema sejak dipegang Pak Basri (M. Basri, pelatih Arema di era 90-an),” ujar dia.

Dia pun menaruh harapan besar kepada Arema FC yang sekarang. Termasuk harapan agar Arema FC memprioritaskan pemain-pemain asli Malang. ”Tadi (kemarin) saya bilang, bisa tidak kalau mengembalikan karakter Malang?” katanya. ”Apa pun Malang itu sepak bolanya punya karakter. Total football (gaya permainan yang dikenalkan pelatih Timnas Belanda Rinus Michels) di Indonesia itu ya Malang,” sambungnya.

Sementara itu, pelatih Arema FC Milomir Seslija cukup puas dengan latihan perdana timnya. Meski pada agenda latihan ini banyak pemain yang absen.

”Kami kehilangan beberapa pemain untuk timnas. Lalu, Hamka, Arthur, Konate juga belum bergabung,” kata pelatih berkewarganegaraan Bosnia & Herzegovina ini.

Dia pun berharap, skuadnya bisa segera komplet. Sebab, akhir bulan ini, Arema FC bakal melakoni pertandingan untuk babak 32 besar Piala Indonesia. Lawannya sudah ditentukan: Persita Tangerang.

Pewarta             : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor        : Dwi Lindawati
Penyunting         : Indra Mufarendra
Fotografer          : Aris Dwi Kuncoro