Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Malang Raya saat menggelar ultah di Kota Batu, Selasa (12/2)

KOTA BATU – Peringatan hari ulang tahun Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Malang Raya dipenuhi beragam kain khas Indonesia. Ya, kain – kain itu dipakai oleh puluhan ibu – ibu yang tergabung dalam anggota KCBI di momen yang digelar hari ini (Selasa, 12/2) di Hall Golden Tulip Holland Resort Batu.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyatakan, kain – kain yang dipakai puluhan anggota KCBI ini sebagai salah satu wadah dalam mempromosikan kain kepunyaan khas Malang Raya.

“Indonesia semakin beragam dengan mulai eksis menggunakan kain. Kali ini di ulang tahun ke 3 KCBI Malang Raya, kami juga sekaligus mempromosikan. Jadi dengan memakai kain khas kita ini bagian dari promosi, apalagi tadi juga kedatangan dari KBCI pusat,” ungkapnya.

Bahkan ke depan, ia berharap budaya memakai kain khas Malang Raya ini bisa juga dengan dibuatkan agenda kesenian budaya di Kota Batu. “Kami juga dengan senang hati memberikan kesempatan untuk mengadakan acara budaya, karena melalui itu juga kan kain – kain akan semakin dikenal dengan memakainya terutama nanti untuk Batik khas Batu,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi XI Nurhayati Ali Assegaf mendukung bentuk kegiatan yang dikerjakan KCBI tersebut. Karena hal itu sekaligus untuk melestarikan budaya Indonesia.

“Luar biasa, saya bangga sebagai wakil rakyat dari Malang Raya melihat ibu – ibu sangat berbudaya dengan melestarikan kain khas Indonesia. Semoga ini bisa menginspirasi di luar daerah untuk membudayakan kain khas negara ini,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Arifina