Manfaat Minyak Marula yang Belum Banyak Diketahui

RADARMALANG – Bagi kamu yang merawat kulit wajah dan tubuh secara rutin, pasti tahu berbagai bahan alami yang berkhasiat untuk merawat kulit. Mulai dari minyak jojoba, zaitun, hingga marula. Mungkin nama yang terakhir belum begitu familiar di telingamu.

Minyak ini, tulis Byrdie (31/5), merupakan minyak alami yang dihasilkan dari pohon marula yang biasanya cuma tumbuh di daerah pada pasir Sahara, Afrika. Minyak ini diproses dari kacang, biji, dan buah yang hasilkan dari pohon tersebut.

Selain itu, minyak marula ini sebenarnya sudah digunakan di dunia kecantikan sejak beberapa abad lalu di Afrika, sebagai perawatan kulit dan juga kesehatan tubuh. Namun, secara spesifik, ternyata minyak ini memiliki banyak manfaat bagi kulit. Berikut 5 manfaat di antaranya.

1. Mengunci kelembapan

Minyak marula sebenarnya banyak digunakan sebagai pelembap dan hidrasi kulit. Namun, minyak ini juga merupakan emollient yang mengisi celah demi celah lapisan kulit. Minyak ini juga cenderung oklusif, dimana dia menciptatakan lapisan yang ringan di atas kulit untuk mengunci kelembapan. Sehingga, kulitmu akan lembap dalam waktu yang begitu lama.

2. Mencegah komedo

Selain itu, minyak ini juga sangat ringan dan tidak akan menyumbat pori-pori, terutama di bagian wajah. Sehingga, minyak ini juga bisa berguna untuk mencegah komedo.

3. Obat awet muda

Mengandung anti oksidan, minyak alami ini berguna untuk mencegah penuaan dini. Selain mengandung vitamin C dan E, minyak ini juga mengandung phytochemical epicatechin, merupakan antioksidan yang begitu kuat.

4. Kolagen

Minyak ini juga mengandung kolagen dan elastin, yang merupakan protein untuk kesehatan kulit. Kedua bahan ini juga dikenal sebagai bahan yang mampu menjaga kulitmu agar tetap kencang, halus, dan awet muda.

5. Anti inflamasi

Minyak ini juga merupakan anti-inflamasi yang baik. Sebab mengandung fatty acid yang bisa menghidrasi sekaligus memiliki efek menenangkan dan mengurangi iritasi dan warna kemerahan pada kulitmu.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Boldsky

Editor: Indra M