Canggih, Sakit Saraf Langsung Sembuh

MALANG KOTA – Penyakit seperti kanker otak, saraf pinggang kecetit (saraf terjepit), dan wajah merot, kini penanganannya tidak rumit lagi. Lantaran, tim dokter dari Comprehensive Brain and Spine Centre (CBSC) bisa mengatasinya dengan menggunakan teknik bedah mikro (microsurgery).

MALANG KOTA – Penyakit seperti kanker otak, saraf pinggang kecetit (saraf terjepit), dan wajah merot, kini penanganannya tidak rumit lagi. Lantaran, tim dokter dari Comprehensive Brain and Spine Centre (CBSC) bisa mengatasinya dengan menggunakan teknik bedah mikro (microsurgery). Teknik tersebut merupakan operasi pembedahan dengan sayatan selebar 2 cm.

Penanganan dengan teknik itu pun lebih cepat. Misalnya, untuk penanganan operasi kanker otak di kepala bagian depan, tidak perlu membedah kepala pasien.

Bahkan, tidak perlu membuat sayatan besar. Namun, hanya sayatan kecil, lalu dimasukkan mikroskop untuk mengetahui kondisi di dalam kepala.

Ketua CBSC Persada Hospital Lilih Dwi Priyanto menyatakan, kecilnya bekas luka pada teknik bedah mikro membuat proses penyembuhan lebih cepat.

”Pasien juga tidak perlu khawatir terhadap dampak pascaoperasi, seperti lumpuh atau impoten,” ujar Lilih saat menghadiri gathering di Hotel Tugu kemarin (20/5). ”Dengan teknik ini (bedah mikro), risikonya lebih kecil,” tambah Lilih.

Lilih mengungkapkan, dengan teknologi serta kemampuan mumpuni, para dokter yang tergabung dalam CBSC sudah melakukan operasi pada ribuan pasien, baik di dalam maupun luar negeri. Tindakan itu juga sebagai upaya menghapus mitos bahwa sakit saraf atau tumor tidak bisa disembuhkan.

Pewarta: Daviq Umar
Editor: Mahmudan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here