Jajaran villa di Kota Batu menyatu dengan pemukiman warga

KOTA BATU – Kota Batu mencatatkan angka kunjungan wisatawan sebanyak 5.6 juta sepanjang 2018. jumlah tersebut melampaui target yang dipasang pada angka 5.2 juta wisatawan.

Melihat catatan tersebut, pada 2019, Pemerintah Kota Batu memasang taget kunjungan wisatawan tumbuh menjadi 6 juta orang.

“Kalau Villa dan Homestay masuk perhitungan di 2019, tentu targetnya kita bisa untuk bertambah sampai 6,1 juta wisatawan. Karena kalau sesui peraturan kementerian itu hanya Daya Tarik Wisata (DTW) dan hotel saja yang dihitung,” ujarnya, Jum’at (11/1).

Untuk mencapai target tersebut, Disparta telah menyiapkan beragam pengembangan di daerah Desa Wisata dan Kalender Event.

“Tentunya kita lakukan pengembangan disetiap Desa Wisata agar menjadi destinasi. Karena kalau bicara pariwisata itu ya bicara kawasan. Bagaimana agar mampu memikat pengunjung, dan kita akan siapkan juga kalender event,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, salah satu yang bakal dilakukan yakni mengadakan berbagai kegiatan seni dan budaya di setiap Desa Wisata. Setidaknya beragam event sejarah bakal mampu menarik lebih banyak wisatawan yang datang ke Kota Batu.

“Selain mengembangkan desa wisata kita akan lakukan berbagai kegiatan seni budaya. Karena biasanya wisatawan itu tertarik juga dengan adanya sejarah. Paling tidak ada pergerakan wisatawan dalam negeri untuk ke sini,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia