Lansia 71 Tahun Jadi Pasien Positif Korona Keempat di Kota Batu

KOTA BATU – Setelah cukup lama stagnan, jumlah pasien positif korona di Kota Batu kembali meningkat. Mengacu data dari Pemprov Jatim, ada pertambahan satu orang pasien positif korona di Kota Batu.

Dengan tambahan itu, maka Kota Batu telah mencatat empat kasus positif korona.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kota Batu, M Chori membenarkan adanya tambahan kasus tersebut. Ia mengatakan, pasien positif Covid-19 merupakan perempuan berusia 71 tahun, warga Kecamatan Bumiaji.

“Pasien mengalami gejala batuk-batuk dan dirawat di rumah sakit sejak 28 April 2020. Setelah itu yang bersangkutan melakukan test swab dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19,” terangnya.

Sesuai dengan protokol kesehatan, maka Satgas Covid-19 Kota Batu akan melakukan tracing kontak kepada orang terdekat pasien dalam hal adalah keluarga yang bersangkutan.

Sementara untuk PDP, saat ini jumlahnya ada 46 orang. Sebanyak 15 orang di antaranya merupakan tenaga medis. Para PDP nakes itupun telah melakukan tes swab.

“Saat ini mereka (PDP nakes) sedang melakukan isolasi mandiri di Wisma Talithakum Kota Batu,” terangnya.

Dengan adanya 15 tenaga medis di RS Karsa Husada PDP dan harus isolasi mandiri pihak Direktur mengajukan penambahan tenaga kesehatan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jatim.

“Ibu Direktur RS Karsa Husada sedang meminta tambahan tenaga kesehatan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jatim guna mendukung pelayanan,”paparnya.

Sampai hari ini (7/5), update kasus Covid-19 di Kota Batu sebagai berikut orang dalam risiko (ODR) mencapai 1.989. Pasien dalam pengawasan (PDP) sejumlah 46 orang, 30 orang masih dalam pengawasan dan 13 orang selesai dipantau.

Lebih lanjut, kasus meninggal dunia PDP 3 orang. Dua di antaranya warga Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu dan satu orang dari Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

Pewarta: Rida Ayu
Editor: Indra M