Nonreaktif saat Rapid Test, Pria Ini Positif Korona Usai Jalani Swab

RS Karsa Husada Kota Batu, tempat di mana pasien positif korona menjalani perawatan. (Foto : goalkes.com)

KOTA BATU – Kasus Covid-19 di Kota batu kembali bertambah, Kamis (7/5). Penambahan ini membuat kota dingin itu memiliki kasus positif Covid-19 sebanyak 5 orang.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M Chori mengatakan, pasien yang dinyatakan positif covid-19 merupakan laki-laki berusia 37 tahun, warga Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo.

“Pada tanggal 16 April, pasien mengeluh demam. Saat di rapid test tanggal 23 April, hasilnya nonreaktif. Dan pasien memiliki komorbid penyakit hipertensi,” kata Chori, Kamis (7/5).

Chori menjelaskan, meski hasil rapid test saat itu nonreaktif, namun pasien tetap menjalani perwatan di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. Sebab pasien memiliki gejala pneumonia.

“Pasien juga punya riwayat perjalanan ke Sidoarjo lantaran bekerja di salah satu perusahaan farmasi di Krian Sidoarjo,” jelasnya.

Pasien tersebut lalu dipulangkan dan menjalani isolasi mandiri pada tanggal 28 April, karena keadaannya membaik. Namun karena hari ini hasilnya positif, pasien dievakuasi ke Rumah Sakit Karasa Husada untuk menjalani perawatan.

“Kami juga tengah melakukan tracing kepada keluarga atau orang terdekatnya. Juga berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim,” tegasnya.

Perlu diketahui, saat ini jumlah kasus orang dengan risiko (ODR) sebanyak 2006 orang, orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 206. Semenrara orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 214 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 47 orang.

Pewarta: Rida Ayu
Editor: Indra M