Museum HAM Kota Batu Mulai Dibangun

KOTA BATU – Dikenal sebagai Kota Pariwisata, tak lama lagi Indonesia khususnya Kota Batu bisa berbangga diri dengan adanya museum HAM (Hak Asasi Manusia) yang bertempat di Jalan Sultan Hasan Halim Kelurahan Sisir Kota Batu. Berkonsep 3 lantai dan ramah lingkungan, pembangunan museum HAM ini memakan anggaran Rp 5 milyar dan diperkirakan rampung pada tahun 2021.

“Kami harap dengan adanya museum HAM pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini akan menjadi proses pembelajaran, literasi, edukasi mengenai HAM yang disampaikan secara masif,” tutur Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat dikonfirmasi pasca peletakan batu pertama Minggu siang (08/12). Ia juga menghimbau agar dalam museum juga dimasukkan pembelajaran HAM dari agama-agama. Sehingga ada pembelajaran tentang prinsip universal kemanusiaan.

Mantan Mensos ini juga membeberkan, dengan berdirinya museum HAM nantinya bisa dijadikan sebagai titik tolak ukur dalam menjalankan nilai-nilai HAM saat ini dan masa depan. Selain itu museum HAM juga akan menyuguhkan tempat koleksi sejarah HAM sebagai bentuk menolak lupa yang merupakan salah satu wujud demokrasi yang sebenarnya. “Semoga juga bisa menjadi pusat pembelajaran bagi siapun untuk membangun informasi yang berkeadilan dan menghormati masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Walikota Batu Punjul Santoso mengaku sangat bangga dengan berdirinya museum HAM di Kota Batu. Ia mengungkapkan museum ini nantinya akan dikelola oleh Yayasan Omah Munir dan perawatannya akan dibiayai oleh Pemkot Batu.

“Apalagi museum ini mengusung tema HAM, tentunya museum ini ramah dengan pengunjung yang menderita disabilitas,” paparnya.

Punjul juga berharap ke depannya dengan museum HAM ini nantinya juga bisa dijadikan fasilitas untuk belajar tentang HAM karena menurutnya mempelajari HAM sejak dini bisa meningkatkan tingkat toleransi setiap individu.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here