Di Kota Batu, Ketua Hippam Dipilih Layaknya Pemilu

panitia pemilihan menghitung perolehan suara calon.

KOTA BATU – Umumnya, Ketua Hippam (Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum) dipiliih melalui musyawarah. Tapi, yang terjadi di RW 01 Desa Junrejo Kota Batu ini berbeda. Ketua dipilih lewat mekanisme seperti pemilu (pemilihan umum).

Pemilihan digelar Minggu lalu (21/6). Di mana warga pemilik hak suara memilih satu dari empat calon.

Coblosan dilakukan secara door to door. Di mana petugas mendatangi rumah warga. Membawa bilik suara, kotak suara dan perlengkapan lainnya.

Pemilihan ini, akhirnya dimenangkan oleh Nuri Yulianto. Dia meraup 89 suara. Menyisikan tiga calon lainnya. Nuri pun bakal menjabat sebagai ketua hingga tahun 2025.

Kepala Desa Junrejo Andi Faisal mengatakan, model pemilihan seperti ini merupakan ide dari pemuda setempat. Mereka ingin ada cara baru. Selain itu, sekaligus memberi pendidikan demokrasi pada warga.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini menjadi bekal bagi masyarakat. Berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik,” kata dia.

Faisal mengatakan, ada 10 panitia yang dilibatkan dalam pemilihan ini. Selain itu, ada lima linmas yang bertugas menjaga keamanan selama pemilihan berlangsung.

Pihaknya juga bekerjasama dengan KPU Kota Batu. Terutama untuk penggunaan fasilitas seperti bilik suara, kotak suara, hingga bantalan paku.

Soal pemilihan yang dilakukan secara door to door, Faisal menyebut itu sebagai bagian dari upaya menegakkan physical distancing. “Tujuannya, agar tidak berkerumun di tengah pandemi,” kata dia.

Pewarta: Nugraha Perdana
Editor: Indra M