Balai Kota Malang

KOTA MALANG – Setelah menyandang Kota Layak Anak, Pemerintah Kota Malang juga getol mewujudkan Kota Layak Lansia. Ya, lewat Musrembang Lansia di Hotel Savana, (12/2), Wali Kota Malang, Sutiaji bahkan menargetkan angka harapan hidup menjadi 75 tahun.

“Saat ini angka harapan hidup kita 72 tahun sekian, hampir 73 tahun. Malah kita targetkan 75 tahun,” ujarnya.

Salah satu upayanya dengan menambah infrastruktur untuk meningkatkan keamanan sekaligus kenyamanan para lansia. Seperti, menambah fasilitas olahraga di taman-taman kota.

Tak hanya itu, pihaknya juga tengah menyusun terbentuknya posyandu lansia. “Jadi selama ini kan hanya anak saja yang posyandu, sekarang lansia juga harus ada untuk rutin cek kesehatan, ” tamba Sutiaji.

Tak hanya itu, perhatian asupan gizi lansia juga realisasi program prolanis melalui BPJS juga sangat diperlukan sebagai penunjang meningkatkan harapan hidup.

Karenanya, melalui musrembang tematik ini ia berharap bisa mendapatkan pendapat serta aspirasi dari para lansia juga komunitas pemerhati lansia. Sehingga perwujudan Kota Layak Lansia dapat maksial.

“Nantinya semua akan akan masuk Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) to, nanti juga akan kita internatlisasikan itu,” tandansnya.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto Feni Yusnia