PSBB Malang Raya Berakhir, Terminal Buka, Bus Beroperasi Lagi

KOTA MALANG – Kabar gembira bagi Anda yang biasa menggunakan transportasi umum lewat terminal. Pasalnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang kembali mengizinkan terminal beroperasi pasca berakhirnya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

“PSBB berakhir, otomatis terminal boleh buka. Ini berlaku baik Terminal tipe A maupun Terminal Tipe B,” ujar Kadishub Kota Malang, Handi Priyanto, Senin (1/6).

Layanan bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) dan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) pun bisa beroperasi pasca PSBB.

“Tetapi kan masih ada Permenhub yang mengatur pembatasan transportasi sesuai dengan physical distancing. Ada Protap yang harus dipatuhi jika ingin beroperasi,” tambah Handi.

Peraturan physical distancing itu mencakup pengisian tempat duduk (load factor) maksimal 50 persen, penyemprotan disinfektan sebelum beroperasi hingga persyaratan rapid test atau SKIM (Surat Izin Keluar/Masuk) jika angkutan tersebut melewati kawasan Jakarta.

“Termasuk juga angkutan dalam kota, kita masih berlakukan jarak, physical distancing di angkot. Karena new normal ini bukan kita normal kembali seperti dulu, tapi normal dengan tatanan yang baru. Jadi dibebaskan tapi tidak meninggalkan protokol covid-19,” tandasnya.

Cek suhu tubuh juga tetap diberlakukan usai PSBB. Jika ditemui penumpang dengan suhu tubuh diatas 38 derajat dan nampak tak sehat, maka perjalannya bisa ditangguhkan. Tiket yang sudah dibeli bisa dikembalikan. Protap ini berlaku selama new normal, khususnya untuk perjalanan menggunakan bus AKAP.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Editor: Indra M