Meski Tak Melarang Salat Id di Masjid, Pemkot Malang Imbau Masyarakat Melakukannya di Rumah Saja

KOTA MALANG – Pemkot Malang sepertinya gamang untuk mengeluarkan larangan Salat Idul Fitri atau Salat Id berjamaah di masjid di tengah penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Meski begitu, Pemkot tetap berharap umat muslim melaksanakan Salat Id di rumah masing-masing. “Kami tidak melarang masyarakat untuk beribadah, namun kami mengimbau agar masyarakat dapat beribadah di rumah masing-masing selama masa pandemi ini” ujar Wali Kota Malang, Sutiaji usai Rapat Koordinasi dengan Tokoh Agama di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Rabu (20/5).

Karena itulah, Sutiaji tidak mengeluarkan Perwal (Peraturan Wali Kota) baru.

“Kami sudah ada Perwal No 17 tahun 2020 tentang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Kota Malang. Berkaitan dengan kegiatan dan atau aktivitas ibadah dengan jamaah diperbolehkan memperhatikan protokol covid-19 secara ketat, dan penyelenggara bertanggung jawab sepenuhnya dalam pelaksanaannya” tambah Suami Widayati itu.

Pria asli Lamongan itu juga menyinggung kebijakan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi yang menekankan agar Salat Id diminta dengan sangat untuk ditiadakan. Utamanya kepada masjid/musala yang masuk pada zona-zona merah. Pemkot Malang pun tegak lurus dengan kebijakan tersebut.

Rakor tadi menyamakan persepsi antara berbagai elemen termasuk takmir masjid dan perwakilan organisasi keagamaan di Kota Malang.

Mereka terbagi jadi dua kubu dalam menyikapi himbauan tersebut. Pertama, ada yang mengikuti arahan pemerintah untuk melaksanakan Salat Id dirumah saja; Kedua, ada pula yang menyampaikan harapannya untuk tetap bisa melakukan Salat Id dengan memberlakukan protokol covid-19.

Dalam rakor, ada pula yang meminta Wali Kota Malang untuk mengeluarkan Surat Edaran yang melarang secara tegas.

Bersamaan dengan hal tersebut, Sutiaji menyatakan dengan tegas bahwa Pemkot Malang tidak akan mengeluarkan regulasi baru yang sifatnya melarang.

Sebagai tidak lanjut dari pertemuan tersebut akan dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama atas keputusan untuk tidak melaksanakan Salat Idul Fitri di wilayah Pemerintahan Kota Malang.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Humas Pemkot Malang
Editor: Indra M