Bantu Tekan Laju Penyebaran Covid-19, BEM Unikama Sebar Masker dan Hand Sanitizer

Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang membagikan masker dan hand sanitizer di kawasan Pasar Besar Kota Malang, Selasa (21/4).

MALANG – Turut serta membantu pemerintah menekan laju penyebaran Covid-19, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) membagikan hand sanitizer dan masker di sekitar wilayah Pasar Besar Kota Malang.

“Kami memilih wilayah Pasar Besar karena masyarakat di tempat ini terpaksa tetap bekerja di luar untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Seperti, PKL (Pedagang Kaki Lima), tukang becak, dan driver ojek online,” tegas Ignasius Wandelinus Manek, Ketua BEM Unikama, Selasa, (21/4).

Dia menjelaskan, kegiatan sosial BEM Unikama ini dananya didapat dari hasil donasi mulai 29 Maret sampai 4 April 2020. Perolehan dana ini didistribusikan dalam bentuk hand sanitizer dan masker.

“Dalam menghadapi situasi seperti ini, kami sebagai mahasiswa, tidak bisa diam saja dan menunggu bantuan. Kita harus sama-sama menghadapi situasi yang sulit ini,” ujar Ignasius.

Menurut dia, mahasiswa harus gotong royong dan saling support. “Salah satu caranya, dengan peduli sesama seperti langkah kecil yang kami lakukan saat ini,” ungkapnya.

BEM Unikama kerja nyata dengan mendistribusikan masker kain kepada masyarakat. Disamping harganya yang relatif tidak mahal, masker ini juga bisa dicuci dan digunakan kembali.

“Dengan ini kami ingin masyarakat sadar bahwa tidak perlu mencari masker yang mahal. Bahkan, kainpun sudah bisa digunakan sebagai masker dengan catatan tetap menjaga kebersihan dan mencucinya,” kata Ignasius.

Ignasius berharap, kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan menginspirasi mahasiswa-mahasiswa lain agar melakukan langkah kecil namun konkret. “Utamanya, bermanfaat dalam upaya pencegahan serta pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia,” kata dia.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Unikama
Editor: Hendarmono Al Sidarto