Lebaran, Tiga Jalanan yang Langganan Macet Terlihat Lengang

Salah satu sudut kawasan Jalan Dinoyo terlihat lengang di hari kedua Lebaran tahun ini sekitar pukul 10.00, Senin (25/5).

KOTA MALANG – Satu hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 H, jalanan di Kota Malang masih nampak lengang, Senin (25/5). Bahkan, jalan-jalan yang biasanya diprediksi mengalami penumpukan kendaraan saat Lebaran, terlihat lengang. Sebut saja, sepanjang Jalan MT Haryono atau Dinoyo, Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Veteran.

Jika biasanya tiga jalan tersebut setiap Lebaran menjadi langgangan kemacetan, kali ini nampak berbeda. Di ketiga jalan tersebut dari pantauan radarmalang.jawapos.com hingga siang ini hanya terlihat satu dua kendaraan yang berlalu lalang. Bahkan, dari hitungan kendaraan ketika berhenti di lampu traffic light merah pertigaan Soekarno-Hatta, hanya terlihat lima sampai delapan kendaraan.

Hal yang sama juga terjadi di lampu merah pertigaan MT Haryono, kendaraan yang berhenti dapat dihitung dengan jari tangan. Tidak tampak keramaian. Bahkan, kadang beberapa saat tidak ada kendaraan yang lalu lalang di tiga jalan tersebut.

Sepinya jalanan tersebut semakin terasa karena mayoritas pertokoan di sepanjang tiga jalan tersebut memilih tutup. Hanya ada beberapa saja toko atau warung yang buka, namunterlihat hanya melayani sistem take away atau tidak makan di tempat.

Sepinya jalan itu pun diakui salah satu pengguna jalan, Theo Hidayat. Pemuda asal Lombok yang tinggal di kawasan Dinoyo tersebut mengatakan, sejak hari raya kemarin jalanan nampak lengang.

“Koondisi sekarang beda dengan tahun lalu. Kalau Lebaran tahun lalu, Dinoyo otomatis macet. Sekarang kan enggak, sangat lengang. Mungkin ini dampak dari pandemi Covid-19, di mana masyarakat diimbau tidak keluar rumah jika tidak perlu,” kata Theo yang mengaku sudah lama tinggal di Kota Malang.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor: Hendarmono Al Sidarto