Penambahan Pasien Positif Covid-19, Sutiaji Klaim Hasil Swab 15 Hari sebelum PSBB

Wali Kota Malang Sutiaji memberikan keterangan pers kepada wartawan, Kamis (28/5).

MALANG – Wali Kota Malang Sutiaji mengklaim Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Malang Raya cukup mampu menekan laju Covid-19 di Kota Malang. Indikatornya, masih sedikit pasien positif yang terdata selama PSBB.

“Kasus penambahan kemarin itu adalah hasil swab yang didapat rata-rata sebelum PSBB. Itu swab 14-15 hari yang lalu,” ujar orang nomor satu di Kota Malang itu, Kamis (28/5).

Menurut Sutiaji, selama PSBB diberlakukan data Tim Satgas Covid-19 Kota Malang memang mencatat adanya kenaikan. Berturut-turut pasien positif naik setiap hari. Terbaru, ada penambahan 7 pasien positif di Kota Malang memasuki hari ke 11 PSBB atau pada 27 Mei 2020. Total terbaru pasien positif mencapai 41 kasus. Namun, penambahan itu tidak dianggap dia.

“Indikator sukses PSBB lebih kepada tingkat kepatuhan masyarakat. Jika melihat tingkat kepatuhan dan pemahaman masyarakat, ini sudah naik jauh signifikan,” kata wali kota yang akrab disapa Pak Aji ini.

Karena itu, pria penghobi bulutangkis ini dengan tegas menekankan PSBB cukup satu periode saja. “Ini yang saya kira menjadi komitmen kami SOP (standard operational procedure) PSBB akan kami boyong ke masa transisi, dan pada gilirannya sampai pada New Normal Life,” jelasnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Editor: Hendarmono Al Sidarto