Wali Kota Malang Sebut New Normal Bisa Batal, Bila..

KOTA MALANG – Segara setelah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dicabut akhir bulan ini, warga Kota Malang bakal memasuki fase new normal. Tapi, Wali Kota Malang Sutiaji menyebut bahwa new normal bisa saja batal dilaksanakan.

“Apabila tetap saja banyak yang acuh, bersikap mengabaikan dan tidak mau tahu, maka bisa saja semua itu (new normal) dibatalkan. Yang akhirnya kembali kita tidak bisa leluasa beraktivitas, karena pasti akan diberlakukan lagi pengetatan atau restriksi,” ujar Sutiaji, Kamis (28/5).

New normal bisa berjalan dengan baik bila warganya peduli dan disiplin. Terutama disiplin menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Mulai dari mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, hingga berjemur di pagi hari.

“Memang inilah saatnya menunjukkan antara keinginan dengan komitmen kedisiplinan dapat bergerak seiringan. Karena selama ini kami terus mendengarkan keluh kesah warga karena tidak dapat berusaha, pendapatan yang terus menurun serta yang lainnya karena tidak dapat beraktivitas,” tambah Suami Widayati itu.

Dengan pencabutan PSBB nanti, maka masyarakat bisa beraktivitas, bisa kembali menjalankan usahanya, namun tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

“Maka kembali saya tekankan, jika ingin dapat beraktivitas normal, maka ayo kita imbangi dengan kepatuhan dan kedisiplinan melaksanakan aturan aturan berkaitan dengan covid 19,” tandas Sutiaji.

Sementara itu, aspek monitoring dan operasi penindakan di lapangan juga bakal tetap dilakukan.

“Jadi, saya tegaskan ini bukan melonggarkan. Ini justru makin diperketat berkaitan dengan protokol covid 19. Yang jadi harapan kita bersama adalah kita mulai berproses untuk kembali memutar roda ekonomi dan aktivitas sehari-hari secara normal,” pungkasnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Editor: Indra M