JawaPos.com – Debat kedua calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) dijadwalkan berlangsung pada 17 Februari 2019. Tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Masing-masing pasangan calon diharapkan dapat menyampaikan program dan visi misi terkait tema tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, penyampaian visi misi dan program masing-masing pasangan calon harus dilakukan dengan jelas. Sehingga masyarakat paham terkait langkah yang akan ditempuh calon pemimpin pilihannya setelah terpilih.

“Ya, masing-masing paslon saya berharap betul bisa menyampaikan visi misi programnya kepada masyarakat. Sehingga tujuan utama debat itu tercapai,” kata Arief dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakoornas) Pemilu 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (12/2).

KPU juga meminta kepada masing-masing pasangan calon untuk menyampaikan ke masyarakat agar menyaksikan langsung acara debat. “Saya ingin sampaikan bahwa masing-masing paslon, mengimbau juga kepada seluruh pemilih untuk bisa menyaksikan debat yang kedua,” jelas Arif.

Sejauh ini, KPU gencar menyosialisasikan debat Pilpres kedua ke masyarakat. “KPU tentu juga melakukan sosialisasi itu. Agar penyampaian atau pengenalan visi misi itu betul-betul diketahui dan dipahami pemilih. Serta mampu menggunakannya untuk referensinya ketika dia menentukan pilihannya,” ujar Arief.

Editor           : Sofyan Cahyono

Reporter      : Sahrul Ramadan