Es Santan 68 Sempu, Segar dan Manisnya Susah Dilupakan

KOTA MALANG – Es Santan 68 menjadi salah satu bidikan kuliner yang sedang populer di Kota Malang saat ini. Es tersebut mempunyai cita rasa antara gurih, manis, dan asam yang seimbang. Perpaduan tiga rasa tersebut diperoleh dari campuran santan, sirup, dan tape ketan hitam. Tak hanya itu, setiap porsi es akan ditambahkan topping berupa satu roti tawar yang di atasnya disiram dengan sirup merah.

“Bahannya cuma santan, vanili, gula, pandan hijau, tape ketan hitam, dan cendol,” ujar Sutono, penjual Es Santan 68 saat diwawancarai radarmalang.jawapos.com beberapa waktu lalu (22/5).

Es santan 68 buka setiap hari dan hampir tidak pernah sepi pembeli. Jadi, jika Anda ingin mencoba es santan ini, Anda harus datang lebih awal. Es santan 68 terletak di pusat Kota Malang, tepatnya di Jalan Sempu atau di belakang SMP 19 Malang.

Dengan harga Rp 4.000 per gelasnya, Es Santan 68 disebut mampu terjual sampai 700 gelas dalam sehari. Setiap harinya, Es Santan 68 buka dari pukul 11.00 sampai dengan pukul 16.00. Biasanya Es Santan 68 paling ramai dikunjungi oleh pengunjung setiap Sabtu, Minggu, dan juga Senin. Pada hari libur besar, Es Santan 68 juga cukup ramai didatangi oleh pengunjung.

Selain sudah sering dikunjungi oleh masyarakat Kota Malang, Es Santan 68 ini seringkali masuk daftar jujukan wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Malang. Rasa enak, tampilan menarik, dan harga bersahabat menjadi alasan mereka untuk menjadikan Es Santan 68 sebagai salah satu tujuan wisata kuliner.

Namun, di bulan Ramadan ini, jika ingin berkunjung dan membeli Es Santan 68, Anda harus memastikan kedai es ini buka, mengingat di Malang Raya sendiri juga sedang diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Dok. Radar Malang, Ongis Travel
Editor: Hendarmono Al Sidarto