JawaPos.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero mengagas program employer branding dengan menyambangi sejumlah universitas unggulan. Perusahaan plat merah ini melakukan roadshow ke Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk mencari talenta-talenta terbaik.

Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali memperkenalkan dirinya sebagai Casting Director dalam PLN Casting Program, yang merupakan bagian dari employer branding.

“Kami memilih istilah casting program dan bukan rekrutmen pegawai.Di era milenial ini, rekrutmen terdengar konvensional dan berkonotasi sebagai bekerja secara konvensional sebagai kewajiban mendapatkan penghasilan semata,” ujarnya, Jumat (15/3).

Rektor Unair Mohammad Nasih memberi apresiasi bahwa program PLN ini. “Sistem rekrutmen dengan pola employer branding ini efektif dalam menjaring potensi-potensi terbaik dari Universitas Airlangga,” katanya.

Langkah ini akan menghasilkan simbiosis mutualisme, baik bagi Unair maupun PLN. “Para mahasiswa maupun alumni, diharapkan mendalami proses seleksi masuk PLN dan juga melihat kinerja PLN dalam membangun bangsa dan negara,” papar Nasih.

Dalam seminar bertema “Future Electricity” yang dibawakan Ali dan Agung Siswanto sebagai Vice President Expert Development & PLN Group, melengkapi wawasan tentang tantangan dan peluang ke depan yang harus disiapkan oleh talenta di PLN.

“Kami tidak hanya ‘menjual listrik’, melainkan melakukan berbagai inovasi dengan produksi power bank express power service PLN, SPLU (Sistem Penyedia Listrik Umum) yang saat ini manfaatnya dirasakan pengusaha mikro, kecil, dan menengah,” jelas Ali.

Dalam kesempatan berbagi pengalaman dengan para milenial di Unair, digambarkan, bekerja di BUMN PLN dengan berbagai aktivitasnya.Bekerja di PLN berarti turut menjaga komitmen bersama dan menciptakan kondisi listrik nasional secara efisien dan kondusif.

“Kami menantang para talenta muda PLN yang akan menjadi garda terdepanuntuk menjadi para pemimpin perusahaan ini di masa depan,” pungkas Ali.

Editor           : Mohamad Nur Asikin

Reporter      : Agfi