KOTA BATU – Hujan deras yang mengguyur Kota Batu sejak siang kemarin (Selasa, 19/3) hingga malam hari menyebabkan satu plengsengan penghubung jalan ke area rumah warga di kawasan Jl Pattimura, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana (PB) BPBD Kota Batu, Suhartono mengatakan jika kejadian ambrolnya lokasi tersebut sudah terjadi sejak semalam, namun baru dilaporkan hari ini (Rabu, 20/3). Diperkirakan, hujan lebat yang tak kunjung reda dan tidak adanya pondasi yang kuat mengakibatkan tanah longsor pada dinding sungai.

“Ambrol ini pas hujan deras kemarin, tengah malam tapi laporannya ke kami baru tadi pagi. Mungkin karena tergerus air pondasi yang bawah, kemudian yang atas ini beban air yang masuk banyak juga akhirnya plengsengannya nggak kuat, terus ambrol,” ujarnya.

Upaya penanganan cepat dan pemasangan garis pengaman telah dilakukan baik dari tim BPBD, garda relawan dan warga sekitar. Dari kejadian tersebut setidaknya ada 13 KK yang terganggu mobilitasnya karena material longsor menutup jalan penghubung keluar masuk permukiman warga. Wqqqqarga yang akan memasuki area ini harus memutar melewati area Pasar Batu terlebih dulu.

“Aktivitas warga jadi terhambat, karena kan menutup akses jalan yang biasa dilalui. Mereka yang naik kendaraan harus memutar dulu melewati Pasar Batu,” imbuhnya.

Penanganan lebih lanjut, Suhartono mengatakan masih akan dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batu. Karena medan dan material yang cukup banyak membutuhkan alat berat dan tenaga tambahan untuk perbaikan plengsengannya.

“Saat ini kita masih koordinasikan dengan dinas PU. Karena ini materialnya juga lumayan banyak, dan kita juga agak kesulitan alat berat. Ini kan medannya juga sulit,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia