Suzuki Vitara Tampang Baru Segera Hadir

Suzuki Vitara Tampang Baru Segera Hadir

JawaPos.com – Maruti Suzuki, agen pemegang merek (APM) Suzuki di India akan melakukan penyegaran pada lini SUV terlarisnya. Mobil yang dimaksud adalah Suzuki Vitara dan akan memiliki tampang baru alias facelift.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari laman AutoCar, Jumat (27/9), Suzuki Vitara facelift akan segera dihadirkan. Nama dari model anyar tersebut adalah Vitara Brezza.

Suzuki Vitara Brezza disebut sudah memulai pengujian jalan. Facelift untuk compact SUV ini kemungkinan akan debut di gelaran otomotif India Auto Expo 2020, tepatnya Februari. Ini setelah empat tahun Vitara terakhir yang tampil premier di Auto Expo 2016 lalu di New Delhi.

Kendati facelift, mobil yang sedang diuji jalan itu disebut tak banyak membawa perubahan besar. Hal tersebut merujuk pada gambar Vitara Brezza yang tertangkap kamera mata-mata alias spyshoot yang masih berbalut sticker kamuflase. Pembaruan besar untuk Vitara Brezza terletak di bawah kap.

SUV yang diperbarui juga akan mendapatkan mesin bensin untuk pertama kalinya. Mesin tersebut kabarnya adalah mesin 1.5 liter K15B terbaru Suzuki yang memulai debutnya di Ciaz tahun lalu dan akan menyokong performa Vitara Brezza baru. Mesin 1.462cc itu menghasilkan torsi 105 hp dan 138 Nm. Bagian dari paket itu adalah sistem Smart Hybrid Suzuki yang dilengkapi generator starter terintegrasi dan pengaturan baterai ganda.

Maruti juga disebut sedang mempertimbangkan menggunakan mesin bensin Boosterjet 1,0 liter, dari Baleno RS, untuk Vitara Brezza. Namun, mesin turbocharged risikonya membuat Vitara Brezza mahal dan dari segi konsumsi bahan bakar juga tidak efisien.

Selain itu, bottom-end Boosterjet yang lemah 1.0 liter tidak akan selaras dengan karakter Brezza. Motor 1.5 liter yang disedot secara alami mungkin bukan mesin yang paling menarik tetapi menghasilkan tenaga yang cukup dan menjanjikan efisiensi bahan bakar yang baik.

Mesin bensin Vitara Brezza 1.5 muncul dengan gearbox manual 5-kecepatan pada awalnya, dan Maruti Suzuki memiliki rencana untuk memperkenalkan transmisi otomatis 4-speed nanti dengan gearbox konverter torsi yang sama dari bensin Ciaz dan Ertiga 1.5.

Vitara Brezza bensin mendatang akan menggantikan model bertenaga diesel saat ini. Perusahaan telah mengumumkan awal tahun ini mereka akan berhenti menjual mobil diesel mulai 1 April 2020. Hal itu karena aturan emisi BS6 di India.

Suzuki Vitara Brezza dengan engine bensin 1.5 baru akan menyaingi produk lain dari kompetitor seperti Hyundai Venue bensin 1.0 turbo, Ford EcoSport 1.5, Tata Nexon 1.2 turbo, dan Tata 1.2 turbo Mahindra XUV300.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here