TIRTOYUDO – Gerak cepat dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang untuk mendongkrak potensi wisata di Pantai Wediawu, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo. Pascadelegasi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI ke sana beberapa waktu lalu, sejumlah staf disparbud langsung menyusul Kamis (24/1). Misi khusus untuk percepatan pengembangan di sana mereka usung.

”Terutama dalam hal penguatan homestay karena seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah akan memberikan bantuan berupa bedah rumah agar bisa dikelola menjadi homestay,” terang Kabid Pengembangan Industri Pariwisata Disparbud Kabupaten Malang Wendi Hermawan kemarin.

Sebelum homestay di sana benar-benar beroperasi, Wendi menuturkan bila masyarakat perlu diedukasi terlebih dahulu. ”Sekalian juga kami lakukan survei dan pendataan terhadap aspek-aspek penunjang lainnya yang dapat dikembangkan untuk pariwisata di sana,” imbuhnya.

Sejumlah wacana pun akhirnya didapat dari pertemuan itu. ”Seperti contohnya untuk buah tangan wisatawan. Sekarang masyarakat di sana sudah punya produk olahan kuliner, dari segi rasa dan kemasan sudah bagus tapi perizinannya masih belum ada. Nah, yang seperti ini perlu kami dampingi lagi,” sambung Wendi.

Sebelumnya, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang memang memastikan adanya bantuan senilai Rp 300 juta. Jumlah anggaran itu bakal di-plot untuk bedah 9 rumah warga di sana.

Pewarta               : Farik Fajarwati
Copy Editor          : Dwi Lindawati
Penyunting          : Bayu Mulya
Foto                    : DISPARBUD