alexametrics
23 C
Malang
Monday, 21 September 2020

Tips Turunkan Berat Badan Setelah Idul Adha

- Advertisement -
- Advertisement -

RADARMALANG – Tahun ini, hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Bicara soal Hari Raya Idul Adha di Indonesia, pastinya tidak lepas dari makanan yang tinggi lemak seperti gulai, krengsengan, dan juga sate. Kebanyakan orang akan mengalami kenaikan berat badan setelah hari raya kurban ini.

Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi terlalu lama kan? Dikutip dari alodokter (3/8), berikut merupakan tips menurunkan berat badan yang sudah ditinjau oleh dokter dr. Allert Benedicto Ieuan Noya.

1. Minum air sebelum makan

Menurut penelitian, minum air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan dapat membuat Anda lebih cepat merasa kenyang, sehingga keinginan untuk melahap makanan dalam jumlah banyak dapat berkurang.

Selain itu, perlu disadari bahwa rasa haus terkadang muncul menyerupai rasa lapar. Jadi saat mulai merasa lapar, coba atasi dengan minum air putih terlebih dahulu, dan hanya makan pada waktunya. Dengan menerapkan cara ini, jumlah kalori yang dikonsumsi juga dapat berkurang.

2. Jangan lupa sarapan

Tahukah Anda, sarapan adalah bagian penting dari penurunan berat badan? Dengan sarapan rutin, keinginan untuk mengonsumsi makanan atau camilan yang tidak sehat jadi berkurang.

Membiasakan diri sarapan juga akan membuat rasa lapar di siang hari berkurang. Efeknya, keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan pada jam makan siang akan turut berkurang.

3. Konsumsi makanan yang tepat

Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein dan berserat. Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. Pilih sumber protein yang sehat untuk tubuh, seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju.

Selain makanan yang tinggi protein, perbanyak pula konsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, namun rendah kandungan kalori. Makanan berserat yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah sayur, buah, makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum.

4. Makan dalam porsi kecil

ANDA bisa menyiasatinya dengan memakai piring atau mangkuk yang lebih kecil saat mengambil makanan. Menurut penelitian, makan dengan piring atau mangkuk kecil dapat membuat Anda
terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang.

Makan dengan porsi kecil namun sering, yaitu 4-5 kali sehari, lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan ketimbang makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

5. Makan secara perlahan

Selain makan dalam porsi kecil, makan secara perlahan dan santai juga dapat mendukung penurunan berat badan. Dengan kebiasaan makan seperti ini, tubuh dapat mengirim sinyal kenyang ke otak sebelum kamu menghabiskan terlalu banyak makanan.

6. Tidak perlu menghindari makanan tertentu

Tidak perlu menghindari makanan yang kamu suka. Jika kamu menjauhi makanan tersebut, keinginanmu untuk mengonsumsinya malah akan jadi lebih kuat. Jadi kuncinya bukan menjauhi, tapi membatasinya. Sebagai contoh, kamu bisa membeli kue kering satuan, ketimbang membelinya dalam kotak atau stoples.

7. Tidur cukup

Selain menjaga pola makan, pastikan waktu tidur tercukupi dengan baik. Sebab, saat kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat. Efeknya, Anda akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Tentunya hal ini akan membuat diet penurunan berat badanmu jadi berantakan.

8. Bergerak aktif

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa olahraga selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan menjalani diet.

Anda dapat mempraktikkan cara mudah menurunkan berat badan di atas sebagai bagian dari pola hidup sehat. Jangan tergoda oleh berbagai diet menurunkan berat badan dengan cepat, karena berisiko mengganggu kesehatan dan membuat berat badan mudah untuk naik kembali.

Penulis : Nabella Devitta
Foto : klikdokter
Penyunting: Fia

- Advertisement -

Latest news

Baru Dibuka, Taman Wisata Selecta Didominasi Keluarga

KOTA BATU – Taman Wisata Selecta mengalami penurunan pengunjung yang sangat signifikan, terlihat dari tempat parkir yang hanya berisi sekitar 50 sepeda motor dan 20 mobil. Kunjungan hariannya hanya mencapai sekitar 500 pengunjung per hari saat week day dan 3000 pengunjung saat week end. Meski begitu selecta tetap membuka semua wahana kecuali wahana tagada. Karena wahana tersebut tidak memungkinkan untuk menerapkan protokol kesehatan (social distancing).
- Advertisement -

Sambut HUT, Sentral Bangunan Beri Cash Back Hingga Undian Berhadiah

KARANGLO- Pandemi covid-19 memang berdampak signifikan terhadap dunia bisnis. Itu pula yang dirasakan manajemen Sentral Bangunan (SEB) Malang. Walaupun begitu, supermarket bahan bangunan yang berada di wilayah Karanglo, Kabupaten Malang ini tetap berupaya memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan konsumennya.

PKM Polinema Beri Latihan Wirausaha Ke Posyandu Disabilitas

MALANG - Pendidikan tinggi vokasi ternama di Kota Malang Polinema pada jurusan teknik kimia menunjukan jati diri dan perannya dalam memberikan kepedulian kepada masyarakat. Hal itu terbukti, dari pelatihan kewirausahaan dan tepat guna yang berbasis kesehatan hasil kerjasama Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Teknik Kimia Polinema yang bekerjasama dengan Posyandu Disabilitas Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Pelaku Wisata Kota Batu Belum Bebas Narkoba 100 Persen

Kota Batu - Sejak tahun 2012, BNN Kota Batu bekerjasama dengan berbagai tempat wisata dan penginapan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba. Daerah yang memiliki obyek wisata potensial dan sering dikunjungi wisatawan, rentan menjadi tempat tujuan narkoba.

Related news

Hore! Epic Games Gratiskan Football Manager 2020

RADARMALANG - Perusahaan Epic Games baru-baru ini mengumumkan obralan Footbal Manager 2020 secara gratis melalui website resmi epicgames.com. Penjualan secara free ini akan berakhir pada 24 September mendatang, setelahnya game video ini akan dijual $ 29,99.

PUBG Umumkan Kolaborasi Bersama Blackpink

RADARMALANG - PUBG kemarin (17/09/20) mengumumkan kolaborasi bersama Blackpink melalui media sosial Instagram @pubgmobile. Tentu munculnya "Blackpink In Your Area" di platform game online ini mengejutkan banyak penggemarnya.

#Stophateforprofit, Seleb Hollywood Kompak Boikot Facebook

RADARMALANG - Kim Kardashian West, Katy Perry, dan Leonardo DiCaprio adalah di antara selebritas yang mengambil bagian dalam "pembekuan" Instagram 24 jam. Hal ini diperuntukkan untuk memprotes kegagalan Facebook corporation sebagai perusahaann induk untuk menangani konten kekerasan dan kebencian serta misinformasi pemilu.

Rilis Sekuel Wonder Women Ditunda Hingga Natal

RADARMALANG- Studio film Warner Bros pada hari Jumat menunda debut sekuel superhero "Wonder Woman 1984" hingga Hari Natal karena banyak bioskop masih tutup karena pandemi virus corona. Film yang dibintangi Gal Gadot itu telah dijadwalkan untuk rilis di bioskop pada 2 Oktober, tetapi sekarang akan debut pada 25 Desember. Itu adalah film Hollywood dengan anggaran besar berikutnya yang dijadwalkan untuk bioskop.
- Advertisement -