alexametrics
22.6 C
Malang
Wednesday, 23 September 2020

Suka Tantangan? Pacu Adrenalin Kamu di Komunitas Batu Runners

- Advertisement -
- Advertisement -

KOTA BATU -Banyak orang memilih untuk berlari sendirian di lapangan atau trek lari. Namun, mengikuti komunitas lari dapat mendongkrak semangat. Apalagi, tantangannya cukup membuat adrenalin terpacu, seperti para pelari yang tergabung dalam komunitas Batu Runners ini.

Para pelari Batu Runners bisa dibilang suka tantangan. Sebab, trek yang mereka pilih antimainstream, yakni jalur terjal pegunungan.

Saat ini aktivitas lari komunitas itu lebih banyak menerabas di jalur pendakian gunung atau perbukitan. Melalui jalur ekstrem ini mereka biasa tik tok atau pagi hari lari naik sampai ke puncak, lalu sore harinya turun.

Kapten atau Ketua Batu Runners Dwi Lestari mengatakan, saat didirikan tahun 2016 aktivitasnya lebih banyak melahap trek lari di jalan perkotaan sepanjang 5-10 kilometer (km).

Namun, seiring berjalannya waktu, kegiatan lari bergeser menerabas jalur pendakian gunung. Aktivitas itu dimulai 2017, berawal dari penasaran salah satu anggota yang juga sering mendaki gunung. Anggota tersebut, Dwi menjelaskan, punya ide untuk naik gunung sambil berlari dalam sehari, sehingga lahirlah trail run. Saat itu Batu Runners pertama kali lari ke Gunung Butak dengan jarak sekitar 20 km.

Selain itu, Batu Runners juga sering trail run ke Gunung Panderman, Gunung Arjuno lewat Pura Luhur Giri Arjuno (Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji), atau jalur Cangar (Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji). Kemudian juga ke Gunung Welirang dan juga Bukit Lincing via Kebun Teh Purwosari, Lawang, di bawahnya Gunung Arjuno.

“Awalnya, kegiatan trail run dilakukan hanya sebulan sekali. Tetapi, saat ini dilakukan menjadi seminggu sekali karena banyaknya permintaan dari para anggota,” ujar dia.

Biasanya, Dwi melanjutkan, minggu pagi pukul 05.00 berangkat naik gunung sampai sore, turun pukul 15.00. Anggota baru yang melakukan trail run membutuhkan penyesuaian satu kali kegiatan saja.

Mereka juga tidak perlu khawatir ditinggal. Karena dalam kegiatan itu, terdapat dua orang berposisi sebagai pacer atau pelari paling depan yang bertugas sebagai penunjuk jalan. Serta ada pelari sweeper atau yang paling belakang yang bertugas untuk menemani pelari lainnya yang masih tidak kuat dalam trail run.

”Sweeper biasanya untuk menyemangati teman-teman yang belum terbiasa trail run, dan seluruh pelari baik yang sudah biasa akan menyampingkan egonya untuk tidak meninggalkan yang lain,” kata Dwi.

Jadi, dia melanjutkan, posisi pacer juga akan menunggu di suatu titik ketika yang pelari lain sudah jauh untuk melanjutkan perjalanan.

Dwi memberikan tip dalam berlari trail run, yakni bagi pemula jangan memaksakan diri karena akan mudah kecapekan atau ngos-ngosan. ”Dinikmati dulu, kalau capek jalan saja, karena kalau ada paksaan akan menjadi malas. Kemudian napasnya tidak usah panjang ketika trail run,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, biasanya saat pertama kali trail run tubuh menjadi pegal-pegal. Tetapi untuk selanjutnya akan terbiasa. Meski kelihatannya berat, tetapi saat trail run tidak pernah ada anggota Batu Runners pingsan. Malah 2018 lalu komunitas ini pernah membantu mengevakuasi pendaki di Gunung Butak.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Dwi mengatakan untuk kegiatan lari bersama atau trail run sementara waktu vakum. Ini untuk mematuhi aturan dari pemerintah untuk tidak berkerumun.

Pewarta: Nugraha Perdana
Foto: Istimewa
Editor: Nugraha Perdana

- Advertisement -

Latest news

PKKMB Uniga, Ajak Maba Tetap Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

MALANG – Universitas Gajayana Malang menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2020 -2021. Dalam kegiatan yang digelar secara daring dan luring selama tiga hari tersebut, Uniga mengangkat tema Tetap Semangat di Era Pandemi Covid-19, Bersama Uniga Menjadi yang Terdepan dan Berkarakter.
- Advertisement -

PLN UP3 Malang Salurkan 50 Tong Sampah di Pantai Selatan

MALANG - Sebanyak 50 tong sampah dibagikan di daerah wilayah pantai selatan yakni, Pantai Balekambang dan Sendang Biru, kabupaten Malang dalam rangka “Word Clean Up Day 2020”, Selasa (22/9). Sebagai wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan sekitar, karena saat ini sampah menjadi masalah serius terutama di daerah wisata terbuka seperti pantai.

Besok Pengundian Nomor Urut, KPU Batasi Tiap Paslon Bawa 12 Pendukung

Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini menambahkan, semua yang hadir dalam kegiatan pengundian nomor urut paslon juga harus mengenakan protap kesehatan. Hal ini juga sudah diatur dalam aturan Pilkada serentak.

Arema FC Kembali Genjot Fisik dan Bangun Chemistry di Pantai

”Kami ingin ada suasana baru pada latihan. Selain juga, ingin semakin meningkatkan fisik dan kebersamaan para pemain,” jelas pelatih kepala Arema Carlos Oliveira kemarin (22/9).

Related news

Tak Cukup Di Bumi, Estee Lauder Promo Skincare Sampai Ke Luar Angkasa

RADARMALANG - Estee Lauder baru-baru ini mengumumkan kerjasamanya dengan NASA untuk meluncurkan produk perawatan kulit mereka ke luar angkasa yang akan dilaksanakan akhir bulan ini.

Bang Benyamin Nampang di Google Doodle

RADARMALANG - Google beri apresiasi atas karya H. Benyamin sueb lewat tampilan di Google Doodle. Mengutip google.com pada Selasa (22/09), dengan ciamik animasi H. Benyamin Sueb terpampang sangat khas dengan beberapa filosofi karya-karyanya. Tak hanya itu, segudang apresiasi atas prestasinya, tak sedikit fasilitas umum seperti taman, jalan diresmikan dengan nama seninman asli betawi ini.

Cekcok dengan Apple, Epic Games Tarik Fornite Save the World

RADARMALANG - Epic Games mengumumkan games Fortnite: Save the World tidak lagi dapat dimainkan melalui platform macOS mulai besok, 23 September. Hal ini dikarenakan Apple mencegah game untuk menerima pembaruan baru.

Hore! Epic Games Gratiskan Football Manager 2020

RADARMALANG - Perusahaan Epic Games baru-baru ini mengumumkan obralan Footbal Manager 2020 secara gratis melalui website resmi epicgames.com. Penjualan secara free ini akan berakhir pada 24 September mendatang, setelahnya game video ini akan dijual $ 29,99.
- Advertisement -