alexametrics
27C
Malang
Thursday, 21 January 2021

Aturan Baru WhatsApp Bikin Pengguna Eksodus Ke Telegram?

RADARMALANG – WhatsaApp memberikan kebijakan privasi baru, yang akan ditetapkan mulai 8 Februari 2021. Kebijakan ini mewajibkan pengguna membagikan data pribadi ke Facebook.

Melansir MacRumors, Sabtu (9/1), Co-founder WhatsApp Brian Acton yang mengkritik Facebook dalam beberapa tahun terakhir mengaku telah menjual privasi penggunanya ketika dia menjual perusahaan tersebut ke perusahana milik Mark Zuckerberg.

“Saya menjual privasi pengguna saya untuk keuntungan yang lebih besar,” kata Acton.

Pengguna Whatsapp mulai membandingkan dengan aplikasi Telegram. Bahkan, #Telegram sempat riuh di linimasa Twitter dan masuk dalam deretan trending topic Twitter Indonesia. Telegram dianggap lebih aman dan memiliki kelebihan dibanding WhatsApp, pengguna yang membuat grup dapat mengatur konten sehingga para anggota grup tidak sembarangan memposting konten seperti halnya di grup WhatsApp.

Terkait kebijakan tersebut, para pengguna WhatsApp hari ini menerima notifikasi di aplikasi tentang ketentuan dan kebijakan privasi terbaru. Ada tiga poin utama dalam update ini, salah satunya pengguna WhatsApp wajib membagikan datanya ke Facebook.

WhatsApp menjelaskan akan meneruskan informasi pengguna yang bersifat pribadi seperti lokasi, alamat IP perangkat, dan daftar kontak. Selain itu data terkait perangkat pengguna juga diteruskan, seperti level baterai, kekuatan sinyal, versi aplikasi, informasi browser, jaringan seluler, informasi koneksi (termasuk nomor telepon, operator seluler atau ISP).

Penulis : Khrisna Ambar

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca