Empat Rahasia Bikin Toy Photography yang Apik nan Estetik

Foto : Rahmat Budiman

ZETIZENID – Toy Photography tak hanya bermodal dua item : mainan dan kamera.  ‘Bermain’ bersama salah satu genre fotografi khusus potret mainan (toy) ini punya trik-nya sendiri.

Rahmat Budiman atau Mate, salah satu toy photographer Indonesia pun membagikan ‘rahasia’ di balik karya toy photography yang inspiratif.

1. Mainkan Imajinasi

Keunggulan utama dari toy photograpy bukan dari jenis kamera atau rupa mainan yang dipakai, melainkan sejauh mana imajinasi sang fotografer. “Pakai kamera semahal apapun, mainan semahal apapun, kalau gak ada imajinasi, hasilnya nol,” terang Mate.

Dari imajinasi itulah ide kreatif untuk menemukan cerita dari mainan yang dimiliki bakal muncul.

2. Lihatlah Fenomena Sekitar

Salah satu cara untuk mengundang imajinasi masuk ke kepala adalah dengan rajin melihat sekeliling, atau bisa disebut Mate dengan ‘Rute Khayal’. Setelah observasi usai, lanjut diimajinasikan seakan pemandangan itu suatu dekorasi atau diorama foto.

Memulai toy photography juga dapat ditempuh lewat ‘Rute Pesan’ yakni berangkat dari keluh kesah pribadi akan suatu kondisi dan disampaikan menjadi sebuah foto.

3. Jangan Lelah dan Berani Mencoba

Bawa mainan keluar kotak dan temukan tempat menarik untuk difoto! Selama masuk imajinasi cerita dari sang fotografer atau lokasinya cocok dengan dunia si mainan, tempat apa saja akan lucu jadi tempat foto kok!

“Terus foto, tiap hari, di mana pun, kapan pun. Jelek bodo amat. Nanti lama-lama akan ketemu bagusnya,” pesan Mate. Nah, yang penting itu harus berani mencoba.

Tak perlu overthinking jika tak punya kamera bagus, toh kegiatan fotografi ini bisa dieksekusi dengan kamera ponsel. Mulai saja dulu dengan ‘gear’ yang ada.

Ketika sudah masuk level pro, dari hasil uji coba, tim zetizen merekomendasikan untuk memakai lensa kamera diatas 50mm. Agar distorsi lensanya membuat mainan makin terlihat nyata.

4. Rajin Cari Inspirasi

Mate berpesan agar pegiat fotografi mainan sering melihat foto orang lain, meniru tekniknya, jangan ragu menanyakan tips kepada mereka, lanjut menguasai dan mengembangkan cara memotret.

@shellycorbettphotography

Foto-foto dari akun Instagram Shelly Corbett (@shellycorbettphotography) dan Jax Navarro (plastication) bisa tuh jadi rujukan jika ingin eksplor ragam rupa potret mainan. Atau, kepoin aja akun Toy Photography Indonesia (@toygraphyid) untuk dapat info terkini tentang toy photography

Pewarta : Zhavira Noor Rivdha

Editor: Indra M